Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferdinand Sinaga Tak Bermimpi Bisa Cetak Banyak Gol

Kompas.com - 19/09/2014, 06:02 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Pemain depan Tim Nasional Indonesia U-23, Ferdinand Sinaga, mengaku dirinya tidak bermimpi bisa membikin banyak gol pada pertandingan sepak bola Asian Games 2014, meski saat ini mampu menjadi top scorer sementara dengan enam gol.

Ferdinand mengemas empat gol ketika Garuda Muda menang atas Timor Leste di laga perdana, kemudian dua gol lainnya tercipta saat Timnas menghadapi Maladewa di Incheon Football Stadium, Korea Selatan, Kamis (18/9/2014).

"Bagi aku di setiap pertandingan aku bisa bermain baik dan mencetak gol, tidak target berapa gol yang dibuat. Sebelumnya, aku tidak bermimpi bakal bisa mencetak banyak gol seperti ini," ujar Ferdinand seperti yang dilaporkan wartawan Antara dari Incheon.

Pemain Persib Bandung itu mengakui jika peluang untuk menjadi top scorer kejuaraan olahraga terbesar di Asia itu terbuka, apalagi pada babak penyisihan Grup E masih menyisakan satu pertandingan, yaitu melawan Thailand, Senin (22/9). Hanya saja dia mengaku tidak berambisi menjadi top scorer.

Peningkatan prestasi Ferdinand selama memperkuat Timnas Indonesia di Asian Games 2014 dinilai cukup mengejutkan. Selama ini mantan pemain Semen Padang itu terkenal dengan pemain temperamental.

Gol-gol yang diciptakan menunjukkan jika pemain yang baru saja berulang tahun ke-26 ini memang memiliki naluri mencetak gol yang tinggi, apalagi di Garuda Muda didukung oleh pemain tengah yang kuat.

Moncernya performa Ferdinand ini juga sangat diapresiasi oleh Pelatih Timnas Aji Santoso. Menurut dia, dengan kemampuan yang dimiliki saat ini pihaknya menilai jika peluang menjadi top scorer Asian Games 2014 sangat terbuka.

"Saya berharap dia bisa menorehkan rekor menjadi top scorer di Asian Games ini," kata pelatih asal Malang, Jawa Timur, itu.

Berdasarkan catatan yang ada, torehan gol Ferdinand mendekati top scorer sepanjang masa sejak formatnya menjadi U-23 sejak 2002. Pemilik rekor tersebut adalah pemain Jordania, Odai Al-Saify, dengan tujuh golnya yang cetak di Asian Games 2006.

Untuk saat ini, Ferdinand masih kokoh di puncak papan top scorer Asian Games 2014. Adapun pemain terdekat yang berada di belakangnya adalah Sami Al Sanea (Kuwait) dan Saeed Al-Kathiri (UEA) yang mengoleksi masing-masing tiga gol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com