Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milan Menangi Drama 9 Gol dan 2 Kartu Merah di Parma

Kompas.com - 15/09/2014, 03:48 WIB
Ferril Dennys

Penulis

PARMA, KOMPAS.com - AC Milan menang 5-4 atas Parma pada lanjutan pertandingan Serie-A, di Ennio Tardini, Minggu atau Senin (15/9/2014) dini hari WIB. Kedua kubu sama-sama mengakhiri laga dengan sepuluh pemain.

Di depan publik lawan, Milan mampu unggul lebih dulu berkat gol pemain barunya, Giancomo Bonaventura. Penyerang yang direkrut dari Atalanta pada 1 September 2014 tersebut, mencetak gol dengan memanfaatkan bola kiriman Keisuke Honda.

Honda dengan menggunakan tumitnya memberikan bola kepada Bonaventura. Pemain berusia 25 tahun tersebut kemudian mengecoh pemain lawan, sebelum melepaskan tembakan yang sulit dijangkau kiper Antonio Mirante.

Keunggulan Milan hanya bertahan dua menit setelah Antonio Cassano mampu mencetak gol. Ia berhasil menanduk bola dari umpan Cristobal Jorquera di sisi kanan pertahanan Milan.

Honda mampu membawa Milan kembali unggul berkat gol yang diciptakannya pada menit ke-37. Gol tersebut berawal dari penetrasi Ignazio Abate dari sisi kiri pertahanan lawan.

Bek asal Italia tersebut kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Honda menyambut bola dengan kepalanya dan gol.

Pada menit ke-45, Jeremy Menez mencetak gol dari titik putih. Milan mendapatkan hadiah penalti menyusul dilanggarnya Menez oleh Alessandro Lucarelli.

Menez yang maju sebagai algojo berhasil menyerangkan bola ke tengah gawang tim tuan rumah. Gol ini sekaligus memateraikan keunggulan Milan 3-1 hingga turun minum.

Selepas jeda, Milan harus kebobolan untuk kedua kalinya. Kali ini, kiper Diego Lopez terpaksa memungut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tembakan Felipe pada menit ke-51.

Milan semakin tertekan karena bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-58. Daniele Bonera mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar Jorquera. Kehilangan satu pemain, Filippo Inzaghi melakukan perubahan. Ia menggantikan Honda dan Alex dengan Adil Rami dan Cristian Zapata pada menit ke-62. 

Meski begitu, Milan mampu menambah pundi-pundi golnya dengan gol yang ditorehkan Nigel De Jong pada menit ke-68. Pemain asal Belanda tersebut berhasil mencuri bola dari kaki Cassano di tengah lapangan. Ia kemudian merangsek ke jantung pertahanan lawan dan berhasil melepaskan tembakan yang tak mampu dijangkau Mirante.

Namun, Parma masih memberikan perlawanan. Tim tuan rumah mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol Alessandro Lucarelli pada menit ke-73.

Empat menit kemudian, Parma pun harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima Felipe. Felipe diusir keluar karena melanggar Menez.

Sama-sama bermain dengan sepuluh pemain, Milan mampu mencetak gol kelima melalui aksi Menez.  Pemain asal Perancis itu boleh dibilang mencetak gol indah karena mengecoh Mirante dengan menggunakan tumitnya.

Puas dengan penampilan Menez, Inzaghi mengganti mantan pemain Paris Saint-Germain tersebut dengan M'Baye Niang.

Ironisnya, Milan kembali kebobolan oleh gol bunuh diri Mattia De Sciglio pada menit ke-89. Gol ini karena kesalahan kiper Diego Lopez yang tidak bisa mengontrol bola dari backpass De Sciglio.

Parma berusaha memanfaatkan waktu yang ada untuk mencetak gol balasan. Namun, Milan mampu menjaga keunggulannya hingga laga usai.  

Susunan Pemain
Parma: 83-Antonio Mirante; 6-Alessandro Lucarelli, 11-Paolo De Ceglie, 13-Stefan Ristovski, 19-Felipe; 21-Fransesco Lodi, 30-Afriyie Acquah, 80-Cristobal Jorquera; 5-Abdelkader Ghezzal, 10-Ishak Belfodil (Soufiane Bidaoui 79), 99-Antonio Cassano
Pelatih: Roberto Donadoni

AC Milan: 23-Diego Lopez; 2-Mattia De Sciglio, 20-Ignazio Abate, 25-Daniele Bonera, 33-Alex (Zapata 62); 4-Sulley Muntari, 16-Andrea Poli, 34-Nigel De Jong; 7-Jeremy Menez (M'Baye Niang 86), 10-Keisuke Honda (Adil Rami 62), 28-Giacomo Bonaventura
Pelatih: Filippo Inzaghi

Wasit: Davide Massa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com