Liverpool Menang Besar pada Debut Balotelli - Kompas.com

Liverpool Menang Besar pada Debut Balotelli

Ferril Dennys
Kompas.com - 31/08/2014, 21:23 WIB
OLLY GREENWOOD / AFP Kapten Liverpool, Steven Gerrard, merayakan golnya seusai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan lanjutan Premier League di White Hart Lane, Minggu (31/8/2014).
LONDON, KOMPAS.com - Liverpool menang 3-0 atas Tottenham Hotspur pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion White Hart Lane, Minggu (31/8/2014). Pada laga ini, penyerang Mario Balotelli bermain untuk pertama kalinya sejak didatangkan Liverpool dari AC Milan, pada 25 Agustus 2014.

Super Mario berduet dengan Daniel Sturridge di lini depan The Reds dan langsung Super Mario langsung menyengat pada awal laga. Balotelli berhasil melepaskan tandukan keras saat laga baru berjalan tiga menit. Namun, ancaman yang dilepaskan Balotelli tersebut berhasil digagalkan kiper Hugo Lloris.  

Dalam tempo lima menit, Liverpool akhirnya mampu unggul terlebih dulu berkat gol Raheem Sterling. Dari sisi kiri pertahanan lawan, Daniel Sturridge memberikan bola kepada Jordan Henderson. Henderson membawa masuk bola ke dalam kotak penalti lawan dan memberikan si kulit bulat kepada Sterling.  Sterling  langsung melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung Lloris.

Balotelli nyaris mencatatkan namanya di papan skor saat berhasil menyundul bola dari umpan Gerrard. Sayang, bola hasil tandukan Balotelli masih melebar.

Pada menit ke-30, Balotelli memberikan umpan cantik kepada Sturridge. Penyerang muda asal Inggris tersebut dengan menggunakan kaki kirinya melepaskan tembakan melengkung. Sayang, bola dari tembakan Sturrdige berhasil diamankan Lloris.  

Balotelli mendapatkan kesempatan emas dari kecerobohan yang dilakukan Lloris pada menit ke-31. Awalnya, Balotelli memberikan bola kepada Sterling. Lloris kemudian memilih meninggalkan gawang untuk membuang bola. Namun, bola sepakan Lloris jatuh di kaki Balotelli.

Saat melihat gawang lawan kosong, Balotelli langsung melepaskan tembakan. Apes, Balotelli terlihat terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola melenceng.

Liverpool nyaris kebobolan saat Nacer Chadli dengan bebas melepaskan tembakan keras di dalam kotak penalti. Beruntung, kiper Simon Mignolet melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola tersebut. Penyelamatan gemilang Mignolet tersebut sekaligus membuat Liverpool mampu menjaga keunggulannya hingga turun minum.

Gerrard berhasil menggandakan keunggulan Liverpool berkat gol yang diciptakannya dari titik putih pada menit ke-49. Wasit Phil Dowd menunjuk titik putih setelah Allen dilanggar  Dier di kotak terlarang. Gerrard yang maju sebagi algojo berhasil menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Spurs.

Kebobolan, Manajer Spurs Mauricio Pochettino langsung bereaksi dengan memasukkan pemain baru yakni Andros Townsend dan Mousa Dembel pada menit ke-59.

Baru masuk ke lapangan, Townsend terlihat lemah saat bola di kakinya berhasil dicuri Moreno. Bek muda yang diboyong dari Sevilla pada bursa transfer musim panas tersebut menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti lawan. Moreno kemudian berhasil menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Spurs saat berhadapan satu lawan satu dengan Lloris.

Setelah Liverpool unggul 3-0, Rodgers melakukan rotasi.  Ia memasukkan Emre Can dan Lazar Markovic untuk menggantikan Joe Allen dan Balotelli. Setelah itu, Spurs terlihat lebih banyak menguasai bola yang membuat Liverpool tampil bertahan. Beruntung, Steven Gerrard dan kawan-kawan mampu menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Susunan Pemain
Tottenham Hotspur: 1-Hugo Lloris; 3-Danny Rose, 4-Younes Kaboul, 5-Jan Vertonghen, 15-Eric Dier; 11-Erik Lamela, 22-Nacer Chadli, 23-Christian Eriksen (Andros Townsend 59), 29-Etienne Capoue, 42-Nabil Bentaleb (Mousa Dembele 59); 10-Emmanuel Adebayor

Manajer: Mauricio Pochettino

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 6-Dejan Lovren, 17-Mamadou Sakho, 18-Alberto Moreno, 19-Javi Manquillo; 8-Steven Gerrard, 14-Jordan Henderson, 24-Joe Allen (Emre Can 61), 31-Raheem Sterling (Enrique 85); 15-Daniel Sturridge, 45-Mario Balotelli (Lazar Markovic 61)

Manajer: Brendan Rodgers

PenulisFerril Dennys
EditorTjatur Wiharyo
Komentar