LONDON, Kompas.com — Mayoritas pengamat sepak bola profesional berpandangan, Chelsea berpeluang paling besar untuk memenangi Liga Primer Inggris musim 2014-2015. Manchester City dinilai kandidat terkuat kedua. Kehadiran Diego Costa dan Cesc Fabregas membuat kekuatan Chelsea semakin lengkap dibandingkan tim Liga Inggris lainnya.

Pandangan tersebut tergambar dari 12 pengamat sepak bola profesional yang dimintai pendapat oleh ESPN. Dari ke-12 pengamat sepak bola yang hampir semuanya adalah wartawan sepak bola dan penulis olahraga terkemuka, Chelsea dipilih oleh sembilan di antara mereka. Dua lainnya menjagokan Manchester City. Hanya satu orang yang menjagokan Arsenal.

Semua pengamat sepak bola yang dihimpun ESPN tersebut tidak yakin Manchester United, yang pada musim ini ditangani manajer Belanda Louis van Gaal, bisa memenangi Liga Primer. Begitu juga peluang Liverpool. Mayoritas pengamat meragukan Liverpool bisa masuk ke jajaran empat besar pada akhir musim kompetisi nanti.

Seperti ke-12 pengamat, penulis sekaligus pengamat sepak bola senior BBC, Phil McNulty, yakin Chelsea asuhan Jose Mourinho akan menjadi juara musim 2014-2015.

”Diego Costa telah tiba dari Atletico Madrid dan Cesc Fabregas kembali ke Liga Primer. Saya yakin mereka akan menjadi jalan keluar yang tepat dan Mourinho akan sekali lagi menjadi pelatih juara Liga Primer,” tulis ketua penulis sepak bola BBC tersebut.

Ke-12 pengamat sepak bola yang dihimpun pendapatnya oleh ESPN adalah Gabriele Marcotti, John Brewin, Michael Cox, Iain Macintosh, David Hirshey, Graham Hunter, Miguel Delaney, Richard Jolly, James Horncastle, Kevin Palmer, Nick Miller, dan Nick Ames. Mereka semua adalah pengamat dan pengulas sepak bola Inggris sejak bertahun-tahun lalu.

Dari ke-12 pengamat itu, hanya Nick Miller, Gabriele Marcotti, dan David Hirshey yang berpendapat juaranya bukan Chelsea. Hirshey menilai Arsenal juaranya, sementara Chelsea di posisi ketiga. Marcotti dan Miller menilai Manchester City akan jadi juara musim 2014-2015 (selengkapnya lihat Grafis).

Peluang City dinilai banyak pengamat lebih kecil ketimbang Chelsea karena lini belakang tim asuhan Manuel Pellegrini itu dianggap masih bermasalah. Datangnya Eliaquim Mangala dan Bacary Sagna untuk membantu Yaya Toure memperkuat lini pertahanan City masih diragukan efektivitasnya.

Posisi ketiga peluang menjadi juara ada pada MU yang dipilih lebih banyak ketimbang Arsenal. MU dinilai masih cukup lemah di bek tengah. Chris Smalling atau Phil Jones dianggap sering kalah ketika berhadapan dengan para penyerang papan atas. Di lini depan, kerja sama Wayne Rooney dan Robin van Persie belum berjalan sangat mulus. Namun, dibandingkan penampilan MU ketika ditangani David Moyes, kinerja MU di bawah Van Gaal diyakini akan jauh lebih baik. Bagaimana Liverpool? Kepindahan Luis Suarez akan membuat lini depan Liverpool tumpul. (ESPN/BBC/OKI)