Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi Akhirnya Ucapkan Ikrar Setia untuk Barcelona

Kompas.com - 06/08/2014, 04:40 WIB
Ary Wibowo

Penulis

Sumber Barcelona
BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, akhirnya mengonfirmasi bahwa dirinya bakal tetap bertahan di Camp Nou.

Xavi masih memiliki kontrak hingga Juni 2016. Namun, menurut pemberitaan di Spanyol, ia mempertimbangkan pindah pada bursa transfer ini.

Rumor itu semakin berembus setelah Barcelona menyelesaikan transfer gelandang Ivan Rakitic dari Sevilla dan menarik kembali gelandang Rafinha dari masa pinjam di Celta Vigo. Kedua pemain itu ditengarai diplot untuk menggantikan Cesc Fabregas yang telah pindah ke Chelsea dan mengantisipasi kemungkinan Xavi hengkang.

Xavi mengaku memang sempat memikirkan untuk hijrah dari Barcelona. Namun, setelah berbincang dengan pelatih Luis Enrique, pemain berusia 34 tahun tersebut akhirnya memutuskan untuk mengubah pemikirannya.

"Aku menyelesaikan musim lalu dengan perasaan sedikit kecewa. Aku mengalami dua kekecewaan besar secara pribadi dan kolektif, mungkin itu adalah yang terbesar dalam karierku," ungkap Xavi.

"Aku berada di bangku cadangan pada pertandingan terakhir musim lalu dan aku tidak merasa dibutuhkan lagi oleh tim. Ini adalah perasaan yang sama aku alami bersama tim nasional Spanyol."

"Jadi, aku harus membuat keputusan. Mungkin sedikit terlalu impulsif, memberitahu bahwa ini adalah klub terbaik bagiku untuk mengakhiri karier. Aku harap orang bisa mengerti atas keputusan ini."

"Aku berlibur dan berbicara dengan Zubizarreta dan Luis Enrique yang membuatku merasa masih dapat menjadi pemain penting, berguna dan kompetitif di sini. Aku ingin berterima kasih kepada klub atas kesabaran mereka."

"Ini benar-benar keputusan urusan sepak bola dan tidak ada hubungannya dengan uang ataupun alternatif lain, seperti yang sudah dituliskan (oleh media). Sekarang, aku senang berada di sini dan masih bersemangat mengenai masa depanku."

Sementara itu, terkait dengan pembicaraan bersama Enrique, Xavi mengungkapkan, "Dia berbicara sangat jelas kepadaku dan menjelaskan bahwa aku harus memulai dari awal, sama seperti pemain lainnya dan aku harus menunjukkannya dalam latihan, sama seperti anggota skuad lainnya."

"Aku senang merasa seperti itu. Aku mengenal Enrique dan mempunyai hubungan yang baik dengannya. Aku akan memulai lagi dan merasa kuat dan bersemangat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Barcelona
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com