Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 48 Jam Madrid Raup Rp 407 Miliar dari Penjualan Jersey Rodriguez

Kompas.com - 26/07/2014, 09:05 WIB
KOMPAS.com - Real Madrid mulai mengeruk keuntungan dari keberanian mereka membeli James Rodriguez seharga 71 juta poundsterling (sekitar Rp 1,396 triliun) dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas ini. Pasalnya, uang hasil penjualan kostum sang fenomenal dari Kolombia itu sangat besar hanya dalam waktu dua hari.

Gelandang serang berusia 23 tahun itu resmi menjadi pemain Madrid pada Selasa (22/7/2014), setelah dia diperkenalkan kepada publik Santiago Bernabeu dan menandatangani kontrak berdurasi enam tahun. Top scorer Piala Dunia 2014 tersebut mengenakan kostum bernomor punggung 10, yang merupakan peninggalan Mesut Oezil, yang hengkang ke Arsenal beberapa saat sebelum penutupan jendela transfer musim panas tahun lalu.

Ternyata, antusiasme para Madridista sangat tinggi menyambut kedatangan mantan pemain FC Porto tersebut. Laporan media Spanyol, Sport, yang mengutip pernyataan perusahaan marketing olahraga, menyebutkan bahwa penjualan kostum Rodriguez laris manis hanya dalam hitungan jam.

Menurut Euromericas Sport Marketing, sejauh ini sudah terjual sekitar 345.000 potong replika kaos Rodriguez hanya dalam kurun waktu 48 jam alias dua hari sejak dia diperkenalkan di hadapan 44.000 fans Madrid yang memadati Bernabeu. Artinya, kira-kira 7.188 potong kaos yang terjual per jam di seluruh dunia.

Nah, harga kaos tersebut 60 poundsterling (sekitar Rp 1,180 juta) per potong. Dengan demikian, Madrid telah meraup 20,7 juta poundsterling (sekitar Rp 407,270 miliar) dari hasil penjualan replika kaos pencetak enam gol Piala Dunia 2014 tersebut.

Professor Emeritus di Sports Marketing, Gerardo Molina, mengatakan kepada Sport: "Harapannya adalah bahwa pemain tersebut (James) akan menjual produk pada level yang sama seperti Cristiano Ronaldo, yang telah terjual lebih dari satu juta kostum sejak datang ke Real Madrid."

"Real Madrid memiliki Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo dan David Beckham, tetapi dalam hal penjualan mereka tidak pernah mendekati angka ini ketika mereka bergabung dengan klub," tambah Euromericas Sport Marketing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com