Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Van Gaal Sesuai dengan Karakter dan Visi MU

Kompas.com - 21/07/2014, 06:01 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com — Pelatih Louis van Gaal efektif menangani Manchester United (MU) pada Kamis (17/7/2014), beberapa hari setelah membawa Belanda menjadi second runner-up pada Piala Dunia di Brasil. Saat ini, Van Gaal berada di Amerika Serikat untuk memimpin MU melakoni sejumlah laga persahabatan.

Wakil Ketua Eksekutif MU Ed Woodward mengatakan mendapatkan kesan positif terhadap Van Gaal. Menurut dia, Van Gaal bisa membuat MU menjadi seperti Barcelona pada akhir 1990-an.

"Ia memiliki energi yang luar biasa. Yang juga sangat penting, ia suka dengan permainan menyerang. Jika Anda ingat tim Barcelona (ketika ditangani Van Gaal) pada akhir 1990-an, yang menunjukkan permainan menyerang luar biasa, serta pertandingan-pertandingan antara kami dan Barcelona pada 1998-1999, itulah bentuk permainan yang disukai suporter Manchester United. Ini bagian dari DNA kami," ujar Woodward.

"Hal kedua tentang dirinya adalah ia suka memberi pemain muda kesempatan. Ia memiliki rekam jejak memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda untuk masuk tim utama, dan pemain-pemain muda itu kemudian berkembang menjadi pemain top. Jelas, itu adalah filosofi Manchester United, dan kami ingin Van Gaal terus melakukan hal itu."

"Secara personal, saya menilai dirinya sebagai pribadi yang sangat hangat. Ia berkomunikasi dengan sangat baik dan lugas. Saya menyukai orang seperti itu. Saya sendiri adalah orang yang sangat lugas. Van Gaal serius dalam hal perencanaan, dan itu adalah sesuatu yang kami, sebagai klub, lakukan dengan sangat baik. Kami merencanakan segalanya dengan sangat detail dan itu akan sangat cocok."

"Kami memiliki orang yang percaya diri dalam mengambil keputusan sulit. Ketika Anda menelaah hal-hal yang membuat seseorang menjadi manajer besar, salah satu karakteristik utamanya adalah mengambil keputusan sulit, dan kami jelas memiliki manajer yang bisa melakukan itu."

"Saya mendengar banyak respons bagus dari banyak orang tentang dirinya, dan ada keinginan baik yang sangat besar terhadapnya dan staf pelatih. Setiap interaksi yang dilakukannya dengan orang-orang meninggalkan jejak, dan itu adalah sesuatu yang luar biasa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com