KOMPAS.com - Seorang warga senior Brasil, Joedir Belmont (85), pekan lalu, mendapatkan tiket gratis untuk menonton pertandingan final Piala Dunia 2014 dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Tiket itu adalah balasan atas kesediaan Belmont memberikan tiket final Piala Dunia 1950 untuk museum sepak bola FIFA.

Kini tiket hadiah itu malah hilang dan Belmont terancam tak dapat menyaksikan pertandingan final setelah menanti selama 64 tahun.

Pensiunan ini dulu memiliki tiket pertandingan final bersejarah antara Brasil dan Uruguay di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Dalam pertandingan yang disaksikan 200.000 orang itu, Brasil dipermalukan Uruguay dengan skor 2-1.

Saat itu, Belmont tidak dapat menyaksikan laga bersejarah itu karena sakit. Namun, tiket final yang belum ia gunakan akhirnya ia simpan dengan sangat rapi. Hingga kini kondisi tiket itu masih sangat baik.

Belmont menyerahkan tiket antik yang masih belum digunakan itu kepada FIFA untuk museum sepak bola FIFA. Sebagai gantinya, Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke memberi Belmont satu tiket final Piala Dunia 2014 untuk Belmont dan dua tiket untuk anaknya. Menurut Valcke, tiket itu sangat bersejarah.

Belmont mendapatkan tiket untuk beberapa pertandingan Piala Dunia kali ini, tetapi tidak untuk pertandingan final hingga FIFA memberikannya. Impian untuk menyaksikan pertandingan final pun di depan mata.

Namun, kini mimpi itu terancam kandas. Surat kabar Estado de Sao Paulo pada Jumat lalu mengabarkan, Belmont kehilangan tiket hadiah dalam perjalanan pulang dari prosesi serah terima tiket dengan FIFA. ”Saya menyimpan tiket selama 64 tahun. Tetapi, sekarang saya kehilangan tiket dalam waktu kurang dari enam jam,” kata Belmont.

Dia mengaku telah melaporkan kehilangan itu kepada FIFA. FIFA meminta dia menunggu kemungkinan tiket yang hilang itu ditemukan atau FIFA akan kembali menerbitkan dua tiket yang hilang itu dan tiket ketiga yang dapat dibelinya. ”Kalau tiket saya tidak ketemu, mereka berjanji akan menerbitkannya kembali. Di tiket itu ada nama saya,” ujar dia.

Belmont berharap kali ini dia bisa menyaksikan pertandingan final ”Selecao”. Dia ingin melihat timnas Brasil menang dan mengangkat trofi Piala Dunia. (AFP/UTI)