Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2014, 17:59 WIB
KOMPAS.com - Dua negara Amerika Selatan, Brasil dan Kolombia, akan bertarung di Fortaleza pada babak perempat final Piala Dunia 2014, Jumat (4/7/2014) waktu setempat atau Sabtu (5/7) dini hari WIB. Mereka akan memperebutkan satu tiket menuju semifinal.

Secara keseluruhan, kedua negara ini sudah bertemu sebanyak 25 kali dalam berbagai ajang. Hasilnya, Brasil mendominasi karena Selecao hanya kalah dua kali dan meraih 15 kemenangan dan delapan kali seri.

Berikut fakta Brasil dan Kolombia:

- Brasil selalu menembus perempat final dalam enam Piala Dunia terakhir, tetapi tak pernah mencapai babak selanjutnya sejak Piala Dunia 2002.

- Kolombia untuk pertama kalinya mencatat sejarah menembus babak perempat final Piala Dunia pada turnamen kali ini.

- Ini untuk pertama kalinya Brasil dan Kolombia bertemu di putaran final Piala Dunia.

- Dalam pertemuan terakhir di New York pada 2012, Kolombia dan Brasil bermain imbang 1-1. Juan Cuadrado mencetak gol sebelum paruh pertama, sebelum disamakan Neymar di babak kedua.

- Kolombia terakhir kali menang atas Brasil di Copa America 1991. Setelah itu, mereka tujuh kali kalah dan lima kali seri.

- Kolombia gagal mencetak gol dalam sembilan dari 12 pertandingan melawan Brasil.

- Brasil sudah mencetak delapan gol selama Piala Dunia 2014 ini, sama banyak dengan ketika mereka mencapai perempat final pada 2010.

- Brasil hanya satu kali kalah di babak 16 besar Piala Dunia ketika mereka lebih dulu mencetak gol. Total, Brasil menang 13 kali dan seri dua kali.

- Kolombia membuat pencapaian terbaik di Piala Dunia 2014 ini dengan mencetak 11 gol dalam suatu turnamen ini. Mereka perlu tiga gol lagi untuk mengalahkan total 14 gol yang merupakan kombinasi dari empat penampilan terdahulu di event ini.

- James Rodriguez berpeluang menjadi pemain pertama sejak Rivaldo pada tahun 2002, yang mencetak gol dalam lima pertandingan pertama di Piala Dunia.

- Apabila James Rodriguez mencetak gol melawan Brasil dalam laga nanti, dia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima penampilan pertama di Piala Dunia dalam kariernya, sejak Teofilo Cubillas (antara 1970 dan 1978).

- James Rodriguez mencetak lima gol dari tujuh tendangan on target dalam turnamen ini.

- Juan Cuadrado adalah pemain pertama yang memberikan empat assist di sebuah Piala Dunia sejak Riquelme dan Francesco Totti pada 2006.

- Pada Serie-A 2013/14, Juan Cuadrado hanya membuat lima assist dalam 32 pertandingan. Artinya, hanya lebih banyak satu dari apa yang sudah dilakukannya di Piala Dunia 2014.

- Gawang Brasil selalu kebobolan di setiap pertandingan perempat final dalam delapan Piala Dunia terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com