Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Brasil Vs Chile, Samba Bisa Macet

Kompas.com - 28/06/2014, 09:50 WIB
Ary Wibowo

Penulis

BELO HORIZONTE, KOMPAS.com — Brasil akan menghadapi tantangan berat saat menghadapi Chile pada 16 besar Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Sabtu (28/6/2014). Meski rekor pertemuan Brasil bagus, Cile kali ini bukan lawan sembarangan bagi skuad Selecao.

Menelisik pertemuan kedua tim, Brasil belum pernah kalah dari Cile sejak kualifikasi Piala Dunia 2000. Dari total 12 kali pertemuan, Brasil memenangi 10 pertandingan dan sisanya berakhir imbang.

Sementara itu, Cile juga selalu disingkirkan Brasil di babak 16 besar pada Piala Dunia Perancis 1998 dan Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Pada 1962, saat Cile menjadi tuan rumah dan meraih peringkat ketiga, langkah mereka pun dihentikan Brasil pada semifinal.

Namun, Cile saat ini bukanlah tim yang dapat dengan mudah diremehkan oleh Brasil. Terlebih lagi, performa skuad asuhan Jorge Sampaoli itu juga sangat bagus saat babak penyisihan Grup B yang diisi oleh Belanda, Spanyol, dan Australia.

Meski sempat kalah 0-2 dari Belanda, Cile mampu lolos setelah sukses menaklukkan Spanyol 2-0 dan Australia 3-1. Mereka dinilai sebagai salah satu tim kuat karena menggunakan taktik bermain menekan dan determinasi tinggi dari awal hingga akhir pertandingan.

"Mereka telah beradaptasi dengan taktik pelatih Jorge Sampaoli dan mereka memiliki dinamika baru setelah kedatangannya. Performa mereka juga meningkat dan dengan begitu mereka dapat menciptakan masalah, bahkan mungkin bisa mengalahkan kami," ujar pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari.

Untuk komposisi pemain, dua penggawa Cile, Gary Medel dan Arturo Vidal, dikabarkan sempat absen latihan pada Kamis (26/6/2014). Namun, mereka diharapkan sudah fit untuk pertandingan yang bakal disiarkan langsung oleh ANTV/TV ONE pukul 23.00 WIB tersebut.

"Kami datang untuk membuat sejarah. Kami mengalahkan juara dunia (Spanyol). Kami kalah melawan Belanda, tetapi banyak kesalahan yang kami buat. Itu adalah kesalahan yang tidak akan kami ulangi saat melawan Brasil," kata striker Cile, Alexis Sanchez.

Sementara itu, kubu Brasil juga tengah dibalut kepercayaan diri. Maklum, selain rekor pertemuan yang bagus, status sebagai tuan rumah mau tidak mau bakal dijadikan motivasi utama bagi Neymar dan kawan-kawan untuk terus melangkah ke partai final.

Brasil pun dinilai tidak akan banyak mengubah formasi dan susunan skuadnya. Hingga kini, empat pemain Brasil, termasuk Neymar dan Thiago Silva, telah menerima kartu kuning. Sementara itu, posisi Paulinho, yang terkena akumulasi kartu, ditengarai bakal digantikan oleh Fernandinho.

Pada laga ini, Brasil memang lebih diunggulkan. Akan tetapi, jangan lupa, para pemain Cile punya semangat luar biasa yang bisa membuat macet permainan Samba di lapangan. Harapan untuk menghentikan rekor buruk saat bertemu Brasil juga bakal menjadi suntikan semangat tersendiri bagi Sanchez dan kawan-kawan.

Prakiraan susunan pemain:
Brasil: Cesar; Marcelo, Luiz, Silva, Alves; Gustavo, Fernandinho, Neymar, Oscar, Hulk; Fred
Pelatih: Luis Felipe Scolari

Cile: Bravo; Jara, Medel, Silva; Isla, Aranguiz, Diaz, Mena, Vidal; Vargas, Sanchez
Pelatih: Jorge Sampaoli

Kemungkinan absen
Brasil: -
Cile: -

Rekor 5 pertemuan terakhir
20/11/2013 - Brasil 2-1 Cile (persahabatan)
25/4/2013 - Brasil 2-2 Cile (persahabatan)
28/6/2010 - Brasil 3-0 Cile (Piala Dunia)
10/9/2009 - Brasil 4-2 Cile (Piala Dunia)
8/9/2008 - Cile 0-3 Brasil (Piala Dunia)

Performa lima laga terakhir
Brasil: M-S-M-M-M
Cile: K-M-M-M-M

Prediksi:
Bwin: 1,57 - 4,10 - 5,50
William Hill: 1,57 - 3,80 - 6,00
Kompas Bola: 55 - 45

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com