CAMPINAS, Kompas.com — Setelah kalah pada laga pertama, nasib Portugal kini di ujung tanduk. Tim asuhan pelatih Paulo Bento itu kehilangan sejumlah pemain inti saat menjalani laga hidup mati melawan Amerika Serikat, Senin (23/6/2014) pukul 05.00 WIB. Jika kalah, Portugal bisa dipastikan hengkang dari Brasil.

Selisih gol minus empat setelah dihajar Jerman, 0-4, memaksa ”A Selecao” wajib menang dalam dua laga terakhir melawan AS dan Ghana untuk lolos ke babak 16 besar. Sementara itu, AS bisa aman dengan hasil imbang karena memiliki tiga poin dan kelebihan satu gol.

Hasil imbang melawan AS jelas tidak diinginkan Portugal. Mereka harus menang minimal 6-0 atas Ghana pada laga terakhir jika ingin lolos dari fase Grup G.

Namun, mengalahkan tim AS yang baru menang atas Ghana bukan pekerjaan mudah bagi Portugal. Beberapa pemainnya di lini belakang dan depan tidak bisa tampil.

Di lini belakang, bek tengah Pepe dilarang bermain karena kartu merah dan bek kiri Fabio Coentrao belum pulih dari cedera otot paha. Bek tengah Bruno Alves masih dalam perawatan tim medis.

Kiper Rui Patricio dan penyerang Hugo Almeida juga dilanda cedera hamstring. Almeida bakal absen, tetapi Patricio belum diketahui akan main atau tidak.

Kebugaran Ronaldo

Persiapan Portugal menghadapi AS juga dibayangi keraguan pada kebugaran fisik Cristiano Ronaldo. Wartawan Kompas, Agung Setyahadi, yang meliput latihan tim Portugal di Campinas, sekitar 100 kilometer ke arah selatan kota Sao Paulo, Jumat (20/6) pagi, melaporkan, Ronaldo menjalani pemanasan dengan melepas umpan-umpan bersama striker Helder Postiga, sayap serang Nani, gelandang Miguel Veloso, dan Ruben Amorim.

Lutut kiri Ronaldo, yang cedera dan harus dibebat dengan es pada sesi latihan hari Rabu, masih dibalut dengan kain tanpa es hari Jumat. Ronaldo berlatih dengan normal dan sering tertawa bersama rekan-rekannya. Ekspresi wajahnya tidak menunjukkan ada rasa sakit di lutut kirinya yang bermasalah dengan tendon.

Ronaldo pun dinyatakan bugar dan bisa tampil melawan AS. Latihan ini hanya terbuka 15 menit awal untuk media.

”Menurut saya, bahasan mengenai Ronaldo sedikit berlebihan. Saya merasa tidak nyaman dengan pertanyaan tentang dirinya dan saya bisa membayangkan apa yang dia rasakan dengan semua ini,” ujar Postiga dalam konferensi pers.

Postiga menegaskan, Ronaldo dalam kondisi bugar dan siap tampil melawan AS. Pertanyaan mengenai apakah Ronaldo bisa tampil tidak tepat disampaikan saat ini karena pemain terbaik dunia itu telah kembali berlatih bersama tim.

Udara panas

Suhu udara Manaus yang berada di dekat garis khatulistiwa bisa mencapai 35 derajat celsius dan bakal menyulitkan Portugal.

Udara panas merupakan musuh Portugal, seperti saat laga pertama penyisihan grup melawan AS di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan. Pada laga itu, Portugal kalah 2-3 dari AS.

Sebaliknya, AS telah mempersiapkan timnya untuk mengatasi sengatan udara panas di Manaus. Pelatih Juergen Klinsmann melatih fisik pemainnya hingga level yang dia nilai mampu mengatasi udara panas dan lembab.

”Udara panas bukan masalah bagi kami. Para pemain sudah mempersiapkan diri dan kebugaran fisik mereka sangat bagus. Kami hanya perlu membangun kepercayaan diri saat melawan tim-tim yang lebih berpengalaman,” ujar Kinsmann.

Pada laga ini, AS tidak diperkuat ujung tombak Jozy Altidore yang cedera. Altidore akan digantikan Chris Wondolowski atau Aaron Johannsson yang akan berduet dengan Clint Dempsey.

”Jika salah satu dari kami bermain, kami akan berusaha bermain seperti gaya kami dan melakukan apa yang diinstruksikan pelatih,” ujar Johannsson dalam konferensi pers hari Jumat sebelum terbang ke Manaus. (AFP/REUTERS/ECA)