Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Viking: Butuh Waktu Berdamai dengan Jakmania

Kompas.com - 11/04/2014, 14:33 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -Ketua Umum Viking Persib Fans Klub, Heru Joko, menyambut baik kesepakatan damai dengan suporter Persija Jakarta, Jak Mania di Markas Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/4/2014). Namun demikian, Heru mengatakan masih ada pro dan kontra terkait perdamaian tersebut di kalangan Bobotoh dan Viking. Oleh karena itu, hal ini agak mempersulit upaya perdamaian yang menyeluruh ke semua level.

"Pro dan kontra masih ada. Yang pro (perdamaian) cinta ke Persib yang kontra juga cinta ke Persib," kata Heru di sela-sela acara perdamaian.

Heru menambahkan, perlu ada upaya kreatif untuk menyosialisasikan hasil islah agar bisa diterima seluruh Bobotoh dan anggota Viking terutama yang berada di level kalangan akar rumput.

"Tidak bisa langsung jadi karena butuh waktu. Untuk grassroot butuh tahapan dan gerakan yang aneh," ujarnya.

Meski diakui masih sulit untuk menerima perdamaian, Heru yakin Bobotoh dan anggota Viking bisa menunjukkan sikap dewasa. Jika ada anggotanya yang melanggar perdamaian dan melakukan provokasi, dia tidak segan-segan untuk langsung melaporkannya ke pihak kepolisian.

"Di Viking tidak ada sanksi dan hukuman. Kalau melanggar ya jelas harus dilaporkan ke Polisi, itu yang benar," tegasnya.

"Tapi kita (Viking) akan menjaga komitmen dan ke bawah harus diluruskan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com