Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Siapkan Dana Rp 951 Miliar untuk Belanja Pemain

Kompas.com - 08/03/2014, 06:14 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Reuters
BARCELONA, Kompas.com - Barcelona bakal menghabiskan dana 60 juta euro (sekitar Rp 951,185 miliar) untuk belanja pemain baru pada akhir musim nanti. Demikian penuturan orang yang memegang posisi ekonomi di klub Catalan tersebut.

"Barca dalam posisi untuk membeli empat pemain," ujar Presiden Javier Faus kepada Catalunya Radio. "Kami memiliki dana 50 hingga 60 juta euro untuk membeli pemain baru."

Musim lalu, klub membeli satu pemain bintang yang kemudian menimbulkan kontroversi, Neymar. Pembelian pemain asal Brasil dari klub Santos ini ditengarai terjadi penyalahgunaan untuk menghindari pajak, yang berakibat pada pengunduran diri presiden Sandro Rosell.

Barca tidak membeli pemain baru pada bursa transfer musim dingin bulan Januari lalu. Ini mengecewakan sejumlah pendukung tim karena melihat rangkaian penampilan buruk El Barca, terutama di lini pertahanan.

Namun Barca harus segera berburu pemain, minimal untuk mengisi dua pos yang sudah pasti kosong lantaran ditinggal pemain kesayangan mereka, yakni penjaga gawang Victor Valdes dan bek tengah Carles Puyol. Valdes sudah sejak awal musim memastikan akan pergi karena tak mau memperpanjang kontrak, sedangkan Puyol pada awal pekan ini mengumumkan akan meninggalkan Camp Nou meski kontraknya masih tersisa dua tahun.

Di sisi lain, Barca juga terkesan tak terlalu peduli dengan penjaga gawang nomor dua Jose Manuel Pinto serta full-back Martin Montoya. Padahal, kontrak kedua pemain tersebut akan habis pada bulan Juni ini, sehingga jika tak ada kontrak baru maka mereka bisa pergi dengan status bebas transfer.

Barca hampir pasti mendapatkan penjaga gawang asal Jerman, Marc-Andre ter Stegen. Direktur olahraga Borussia Moenchengladbach, Max Eberl, mengatakan pada Januari lalu bahwa Ter Stegen akan menjadi pengganti Valdes setelah dia menolak memperpanjang kontrak dengan klub Bundesliga tersebut.

Kontrak pemain berusia 21 tahun ini baru akan habis pada tahun 2015, tetapi Eberl mengatakan bahwa Ter Stegen menolak memperbarui kontrak. Dia mengaku ingin meninggalkan klub lantaran mau bergabung dengan tim elite Eropa. Barca menjadi tujuannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com