Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seedorf Ingin Milan Bermain dengan Gembira

Kompas.com - 26/02/2014, 13:26 WIB
Ary Wibowo

Penulis

MILAN, KOMPAS.com - Pelatih AC Milan Clarence Seedorf mengaku tak pernah kecewa secara berlebihan jika timnya melakukan kesalahan ketika bermain. Menurutnya, yang terpenting adalah pemain-pemainnya tampil dengan gembira dan melakukan yang terbaik.

"Saya ingin para pemain bermain, tertawa, dan bergembira. Saya pernah kecewa secara berlebihan jika ada kesalahan. Saya harus menunjukkan kepada mereka bahwa yang terpenting adalah mereka telah berusaha dengan baik," ujar Seedorf.

"Kalian para jurnalis begitu bersemangat soal taktik dan sistem. Anda membicarakan ini selama berjam-jam. Namun, apakah Anda tahu yang sebetulnya? Bahwa dalam sepak modern hanya ada sistem untuk tim yang bermain defensif?"

"Dalam menyerang, yang ada hanya ketidakstabilan. Enam pemain yang bergerak dan secara konstan bertukar posisi tanpa ada acuan tertentu. Oleh karena itu, pertanyaan soal gata bermain mengganggu saya."

"Saya punya rencana dan itu sederhana. Saya ingin anak-anak saya hidup dalam dunia yang lebih baik dari ini. Karena alasan itulah, yayasan saya, Champions for Children didirikan, yaitu mendidik melalui olahraga dan olahraga sebagai keseluruhan, bukan hanya sepak bola, adalah acuang yang sangat bagus bagi kita orang dewasa," tuturnya.

Mengenai penyerang Mario Balotelli, Seedorf mengatakan, "Mario sebetulnya sangat baik dan orang yang sensitif, tetapi merasa terbebani oleh tanggung jawab besar yang seharusnya tidak diembannya."

"Kami harus melepaskan beban itu darinya dan mungkin membebaskan dirinya dari perasaan seperti ia harus menjadi simbol. Kami harus memberinya rasa percaya diri  dan membantunya berkembang sebagai manusia. Ini termasuk memaklumi kesalahannya," ulasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com