Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIFA Anulir Laga Spanyol Vs Equatorial Guinea

Kompas.com - 01/01/2014, 06:29 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

ZURICH, KOMPAS.com — FIFA diberitakan El Confidencial menganulir pertandingan persahabatan antara Spanyol dan Equatorial Guinea yang berlangsung di Nuevo Estadio de Malabo, 16 November 2013, karena masalah perwasitan.

Pertandingan itu dipimpin oleh wasit berkebangsaan Equatorial Guinea, Joaquin Esono. Menurut peraturan FIFA, wasit boleh memimpin pertandingan persahabatan yang melibatkan negara wasit tersebut dengan syarat penyelenggara memberi tahu FIFA secara resmi dalam periode waktu tertentu.

Untuk kasus laga antara Spanyol dan Equatorial Guinea, penyelenggara terlambat memberi tahu FIFA soal penunjukan wasit Joaquin Esono.

Pertandingan persahabatan antara Spanyol dan Afrika Selatan di FNB Stadium pada 19 November 2013 dipimpin oleh wasit lokal, Osias William Koto. Meski Koto mengizinkan pergantian pemain ketujuh karena Victor Valdes mengalami cedera, pertandingan ini diakui FIFA karena pemilihan dan pengajuan Koto sesuai prosedur.

Keputusan FIFA menganulir laga antara Spanyol dan Equatorial Guinea merugikan Marc Bartra, mengingat pertandingan itu merupakan laga pertamanya bersama tim nasional senior Spanyol dan ia tampil penuh pada laga itu.

FIFA telah menghapus data pertandingan yang berakhir 2-1 untuk Spanyol itu dari situs resmi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com