Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Tak Mau Mengemis meski Dana Timnas U-19 Belum Cair

Kompas.com - 03/12/2013, 23:24 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Hingga kini, dana dari pemerintah untuk alokasi pembinaan timnas U-19 belum juga cair. Meski demikian, PSSI tak mau mengemis dana tersebut supaya segera dicairkan.

PSSI akan berjuang untuk mencari dana sendiri. Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, saat ditemui wartawan seusai berkunjung ke Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) di Kota Malang, Selasa (3/12/2013). Menurut Djohar, PSSI tak bergantung pada dana pemerintah.

"Kami bertekad untuk mencari dana sendiri untuk mencukupi kebutuhan timnas U-19," katanya.

Adapun dana yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan timnas U-19 katanya cukup mahal. Namun, Djohar tak mempermasalahkan jika dana dari pemerintah tak juga turun.

"Prestasi itu mahal. Jadi, dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Kalau dana dari Menpora belum juga turun, kami akan cari sendiri. Kami akan berjuang sendiri," katanya.

Pihak PSSI, tambah Djohar, pantang mengemis pada negara. Sebab, selama ini Badan Tim Nasional maupun bagian marketing PSSI telah bekerja untuk mencari dana demi menutupi kebutuhan timnas.

"Saya tak akan mengemis pada negara. Karena ini adalah kebanggaan bangsa," tegasnya.

Djohar juga mengaku bahwa dana untuk timnas U-19 per tahun mencapai Rp 100 miliar. "Dana itu di luar kebutuhan tempat tinggal pemain selama di hotel. Dana itu hanya untuk kebutuhan makan, sepatu, dan perlengkapan lainnya," katanya.

Hingga saat ini, dana yang sudah dikeluarkan untuk timnas U-19 sudah mencapai Rp 30 miliar. "Yang jelas, dana simpanan PSSI masih cukup. Jika masih kurang, kami akan cari sendiri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com