Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Tak Bisa Atasi 10 Pemain Ajax

Kompas.com - 27/11/2013, 04:39 WIB
Ary Wibowo

Penulis

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Ajax Amsterdam berhasil menang 2-1 atas Barcelona meski harus bertanding dengan 10 pemain sejak menit ke-48 dalam matchday kelima Grup H Liga Champions di Stadion Amsterdam Arena, Selasa atau Rabu (27/11/2013). Dua gol Ajax dicetak Thulani Serero dan Danny Hoesen. Barcelona memangkas skor melalui Xavi.

Meski kalah, Barcelona masih tetap memimpin klasemen sementara dengan poin 10, unggul dua angka dari Milan di peringkat kedua. Sementara itu, Ajax membuntuti di posisi ketiga dengan poin tujuh.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Ajax tampil percaya diri sejak menit-menit awal pertandingan. Bahkan, skuad asuhan Frank de Boer itu mampu menciptakan peluang lebih dulu saat laga memasuki menit ke-10.

Peluang itu berawal dari aksi Davy Klaassen di sisi kanan lapangan yang kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Viktor Fischer menyambut umpan itu. Sayang, bola tendangannya masih dapat ditepis cukup baik oleh kiper Barcelona, Jose Pinto.

Barcelona berusaha membalas pada empat menit berselang. Akan tetapi, peluang Neymar dari dalam kotak penalti masih belum membuahkan hasil karena bola hasil sepakannya masih dapat diblok cukup baik oleh bek Ajax.

Pendukung tuan rumah akhirnya bersorak pada menit ke-19. Kembali berawal dari sisi kanan lapangan, Ricardo van Rhijn melepaskan umpan silang yang langsung disambut oleh Sorero dengan tendangan keras yang bolanya masuk ke pojok kiri gawang Pinto.

Absennya Lionel Messi membuat serangan Barcelona terlihat kurang tajam. Beberapa kali upaya Neymar dan kawan-kawan mampu dipatahkan oleh barisan belakang Ajax yang tampil cukup disiplin sepanjang pertandingan.

Empat menit sebelum turun minum bahkan Ajax mampu kembali unggul melalui Hoesen. Gol itu berawal dari tendangan keras Fischer yang mampu ditepis Pinto. Namun, bola tepisan Pinto jatuh ke kaki Hoesen yang dengan tenang mengecoh Gerard Pique dan Carles Puyol sebelum melepaskan tendangan untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Selepas turun minum, Ajax harus bertanding dengan 10 pemain setelah wasit mengeluarkan kartu merah untuk Joel Veltman karena melanggar Neymar di kotak terlarang pada menit ke-48. Hadiah penalti yang diberikan wasit pun tidak disia-siakan Xavi untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Barcelona berusaha membalas hingga menit-menit akhir pertandingan. Neymar memperoleh peluang tiga menit sebelum laga usai. Namun, bola tendangannya dari dalam kotak penalti masih dapat diamankan oleh kiper Ajax, Jasper Cillessen. Skor 2-1 untuk Ajax pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 59 persen dan menciptakan delapan tembakan akurat dari 10 usaha. Adapun Ajax melepaskan enam peluang emas dari sembilan percobaan.

Susunan pemain:
Ajax (4-3-3): 22-Jasper Cillessen; 2-Ricardo Van Rhijn, 12-Joel Veltman, 4-Niklas Moisander, 15-Nicolai Boilesen (5-Christian Poulsen 34); 18-Davy Klaassen, 17-Daley Blind, 25-Thulani Serero; 20-Lasse Schone (24-Denswill 51), 23-Danny Hoesen, 7-Viktor Fischer
Pelatih: Frank de Boer

Barcelona (4-3-3): 13-Jose Manuel Pinto; 5-Carles Puyol (27-Gabarron 68), 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Pique, 2-Martin Montoya; 6-Xavi (24-Sergi Roberto 74), 17-Alex Song, 8-Andres Iniesta; 7-Pedro, 4-Cesc Fabregas, 11-Neymar
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Pavel Kralovec (Ceko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com