Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Four IFL Digelar 11-13 November 2013

Kompas.com - 08/11/2013, 19:11 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi Indonesia Futsal League (IFL) 2013 memasuki babak final four yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, mulai 11-13 November 2013. Empat tim yang berhasil melaju ke babak final four adalah Electric Cosmo PLN Jakarta, Futsal Kota Bandung (FKB), MFA Pinky Boys Makassar, dan Tifosi Bashkara FC Surabaya.

Nantinya, jawara IFL musim ini berhak mewakili Indonesia untuk berlaga di kejuaraan futsal antarklub se-Asia untuk tahun depan.

"Kami masih menunggu kabar dari AFC mengenai tempat berlangsungnya kejuaraan futsal antarklub se-Asia 2014. Sampai saat ini, AFC belum memutuskan tempatnya," kata Ketua Badan Futsal Nasional (BFN), Yerico Umbas, di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Terkait minimnya peserta untuk IFL tahun ini, Yerico melihat ada beberapa faktor yang memengaruhi, seperti krisis finansial yang dialami klub-klub futsal di Indonesia. Masalah itu pun, membuat IFL kali ini hanya diikuti tujuh peserta saja. Selain empat tim yang tampil di babak final four, tiga tim lain gagal melaju, yakni Libido FC, Pertamina Energy FC, dan Anker FC.

"Tahun ini memang hanya ada tujuh peserta. Kami akui dari sisi peserta memang berkurang. Itu bisa dilihat dari sisi finansial masing-masing klub. Saya rasa itu yang jadi faktor utama minimnya peserta," lanjut Yerico.

"Tetapi ke depannya, BFN sudah mempersiapkan satu wadah yaitu Liga Futsal Nusantara. Liga tersebut telah dibagi dalam tiga bagian yaitu A, B, dan C. Nantinya, tim yang terbaik dari Liga Futsal Nusantara di level A, akan ambil bagian di liga futsal utama. Semoga dengan adanya hal itu, bisa menambah kontestan IFL pada tahun-tahun mendatang," paparnya.

Daftar rincian total hadiah IFL 2013:

Juara: Rp 80 juta trofi
Runner-up: Rp 40 juta trofi
Peringkat ketiga: Rp 30 juta trofi
Peringkat keempat: Rp 20 juta trofi
Pemain terbaik: Rp 5 juta trofi
Pencetak gol terbanyak: Rp 5 juta trofi
Tim Fair Play: trofi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com