Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jacksen Asah Lini Pertahanan dan Penyerangan Timnas

Kompas.com - 29/10/2013, 20:13 WIB
Ferril Dennys

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mematangkan lini pertahanan dan penyerangan anak asuhnya dalam sesi latihan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (29/10/2013) sore. Latihan ini merupakan persiapan skuad Garuda untuk laga uji coba melawan Kyrgyzstan di GBK, Jumat (1/11/2013).  

"Kami memasuki materi taktik pertandingan. Kami menerapkan pressing kepada penyerang supaya tidak ada celah bagi lawan untuk menembus pertahanan. Selain itu, kami memberikan latihan spesifik untuk lini depan. Saya menanganinya sendiri. Terakhir, kami latihan passing, membangun proses penyerangan, dan antisipasi bola dari crossing," jelas Jacksen.

"Seharusnya, kami mengakhiri dengan latihan passing. Saya ingin melihat akurasi passing pemain dalam kondisi lelah, tetapi latihan terakhir tidak bisa dijalankan karena banyak petir dan konsentrasi anak-anak terganggu. Namun, besok ada waktu untuk itu," sambungnya.

Saat mengasah lini depan timnya, Jacksen terlihat menempatkan Samsul Arif dan Tantan di lini depan. Sementara Boaz Solossa dan Titus Bonai diplot sebagai penyerang sayap. Pemain hanya boleh menguasai bola dengan tiga sentuhan saja.

Namun, Jacksen enggan memastikan bahwa komposisi tersebut bakal diterapkan saat melawan Kyrgyzstan. "Kami mencoba beberapa simulasi. Mau melihat bagaimana perkembangan dari anak-anak. Latihan waktu mencoba beberapa formasi dan menemukan formula tepat dan komposisi tepat saat bertanding," beber pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.

Setelah melawan Kyrgyzstan, Indonesia akan melawan salah satu klub Korea Utara. Laga uji coba tersebut akan digelar pada  tanggal 8 dan 11 November 2013.

Laga uji coba melawan Kyrgyzstan dan salah satu klub Korea Utara merupakan persiapan Boaz Solossa dan kawan-kawan jelang tampil dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan China pada 15 November dan Irak pada 19 November 2013.

Indonesia diharapkan bisa mendulang kemenangan saat melawan China. Saat ini, pasukan Jacksen F Tiago tersebut menjadi juru kunci dengan mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan yang telah dilakoninya.

Berikut daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan

Kiper: Dian Agus Prasetyo (Barito Putra), Choirul Huda (Persela Lamongan)

Bek: Hasim Kipuw (Arema Malang), Ruben Karel Sanadi (Persipura), Victor Igbonefo (Arema Malang), M. Roby (Persisam), Ngurah Wahyu Trisnajaya (Persija), Fachruddin (Persepam), Tony Sucipto (Persib), Supardi (Persib), Beny Wahyudi (Arema Malang)

Gelandang: Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Taufiq (Persebaya), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Ahmad Jufriyanto (Sriwijaya FC), Zulham Zamrun (Mitra Kukar), Hariono (Persib), Juan Revi (PSS), Slamet Nurcahyono (Persiba Bantul)

Penyerang: Tantan (Sriwijaya FC), Boaz Solossa (Persipura), Titus Bonai (Semen Padang), Samsul Arif Munip (Persela Lamongan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com