Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergkamp Berkomentar soal Oezil

Kompas.com - 10/10/2013, 07:04 WIB
Ary Wibowo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Legenda Arsenal, Dennis Bergkamp, memuji penampilan Mesut Oezil bersama skuad The Gunners. Ia menilai, Oezil akan membawa perubahan besar bagi skuad asuhan Arsene Wenger tersebut.

Oezil dibeli Arsenal dengan harga 44 juta poundsterling atau sekitar Rp 820 miliar. Pada laga perdananya di Arsenal, ia mencetak satu assist yang ikut menentukan kemenangan Arsenal 3-1 atas Sunderland.

Total, Oezil telah bermain dalam empat pertandingan Premier League dan mencetak empat assist. Sementara, di Liga Champions, Oezil telah mengemas satu gol dan satu assist dari total dua pertandingan.

"Kami bermain beberapa kali melawannya bersama Ajax, jadi saya bisa melihatnya dari dekat. Di Madrid, masalahnya ada banyak pemain besar jadi dia kurang lebih berada di urutan keempat atau kelima dari pemain besar tersebut," ungkap Bergkamp.

"Dia pantas mendapatkan lebih. Dia pantas mendapatkan kebebasan menyerang di lapangan. Dia adalah kreator. Oezil tahu benar cara mengontrol bola dan ruang untuk dirinya sendiri. Itu adalah perbedaan dari pemain biasa dan pemain hebat."

"Dengan segala hormat untuk pemain Arsenal lainnya, saya pikir dia (Oezil) adalah salah satu pemain yang akan membuat perbedaan. Para pemain lainnya juga bagus di lapangan tengah. Tetapi, Anda membutuhkan seseorang pemain berlevel tinggi yang bisa bermain bagus di semua area," tambahnya.

Bergkamp juga berbicara perihal anggapan beberapa pihak yang sempat membandingkan dirinya dengan Oezil. Maklum, Bergkamp juga sempat memecahkan rekor transfer Arsenal ketika berlabuh dari Inter Milan dengan banderol 7,5 juta pounds pada 1995.

"Saya tidak suka dikomparasi. Kami semua unik. Tetapi, saya mengerti kesamaan yang orang lihat dan saya percaya dia akan menjadi pemain sangat penting bagi tim," kata Bergkamp.

"Ini masih terlalu awal. Dia adalah pemain hebat dengan banyak skil yang efektif seperti mengontrol bola, melakukan umpan-umpan kreatif dan assist, menempatkan posisinya dengan baik di dalam lapangan setiap kali bermain. Dia juga sangat berpengalaman."

"Menempatkan semua itu, saya pikir Anda telah mendapatkan pemain yang selama ini hilang di Arsenal, pemain yang dapat membuat striker mencetak banyak gol dan juga dapat mencetak gol dengan sama baiknya," tutup Bergkamp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com