Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

No Flare, No Fireworks, Kampanye untuk Penonton

Kompas.com - 08/10/2013, 20:16 WIB
Ferril Dennys

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memanfaatkan perhelatan Kualifikasi Piala Asia U-19 sebagai kampanye mendidik suporter. Hal itu terlihat jelang pertandingan perdana antara Korea Selatan versus Filipina, Selasa (8/10/2013) malam.

Beberapa laki-laki dan perempuan di setiap pintu masuk Stadion Gelora Bung Karno terlihat membagikan flyer dan stiker kepada penonton.

Stiker dan flyer tersebut berisi seruan, "No Flare, No Fireworks, No Banned. One Nation. One Team. We Love Our Football." Pesan tersebut juga tertulis di kaus yang dikenakan relawan.

"Relawannya jumlahnya 55 orang. Kami dari PSSI. Ini merupakan bentuk kampanye agar penonton tertib saat menyaksikan pertandingan," jelas Gebi, salah satu relawan yang ditemui Kompas.com.

Tidak hanya di luar stadion, pesan tersebut juga terlihat dalam spanduk besar yang terpampang di dalam stadion.

Kampanye ini sebagai tindakan preventif yang dilakukan PSSI setelah Indonesia dijatuhkan sanksi oleh AFC. Tim nasional senior harus bermain tanpa penonton saat menjamu China dan Irak dalam kualifikasi Piala Asia 2015. Sanksi tersebut buntut dari tindakan penonton yang menyalakan flare dan kembang api saat melawan Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com