Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Totti Pemain Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola"

Kompas.com - 06/10/2013, 06:16 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih AS Roma, Rudi Garcia, memuji kedewasaan dan kepandaian Francesco Totti. Menurutnya, Pangeran Roma itu merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

Giallorossi melanjutkan performa impresif mereka di awal musim ini dengan menang 3-0 atas Inter Milan dalam lanjutan Serie-A, Sabtu (5/10/2013) di San Siro. Ini adalah kemenangan ketujuh Roma secara beruntun dengan memasukkan 20 gol dan hanya kemasukkan satu kali.

"Ini merupakan permainan yang hebat, kami tahu itu sebelum kami memainkannya. Saya senang dengan semangat bersama tim, tetapi kami juga bermain dengan hati ketika diperlukan dan bermain seperti pria sejati malam ini," ujar Garcia kepada Sky Sport Italia.

Meskipun sukses menjaga rekor 100 persen kemenangan dan kokoh di puncak klasemen, Garcia belum berani bicara tentang Scudetto. Dia hanya ingin tim terus melakukan pekerjaan yang bagus ini.

"Berapa lama mengakhiri musim ini? Masih terlalu lama. Menang di sini selalu sulit dan saya senang dengan apa yang dilakukan tim."

"Tim memiliki kepercayaan diri, para pemain yakin dan itu sangat penting. Kami melakukan hal yang agak berbeda dalam serangan balik dan itu bekerja dengan baik. Agak sulit di babak kedua karena kami hanya sedikit mendapat bola, tetapi 3-0 di babak pertama membuat kami sudah berada di posisi yang bagus."

"Secara normal kami juga punya possession yang bagus, tetapi kami sadar Inter kuat secara individu dan membiarkan sedikit ruang yang kami bisa manfaatkan. Karenanya kami memutuskan untuk menyerang mereka di paruh pertama."

Mengenai penampilan Totti, yang mencetak dua gol dalam laga tersebut, Garcia menyanjungnya. Meskipun demikian, dia tak mau berkomentar mengenai peluang Totti kembali memperkuat tim nasional Italia pada piala Dunia 2014.

"Kami memiliki seorang pemimpin dalam menyerang yang juga mengenakan ban kapten di lengan. Dia memperlihatkan hal itu. Saya hanya pelatih Roma, sehingga saya tidak bisa memberikan saran kepada (Cesare) Prandelli."

"Totti merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dan melihatnya begitu senang menakjubkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com