Selasa, 2 September 2014

Bola / Liga Indonesia

Menpora Cup 2013 Diikuti Tiga Tim Asing

Selasa, 3 September 2013 | 20:10 WIB
Dwi Ary Setyadi/BOLA Diskusi bertajuk ”Menyingkapi Perkembangan Terkini Rekonsiliasi Sepak Bola Nasional” digelar tabloid Bola, Rabu (20/3/2013) siang, di Palmerah, Jakarta. Menpora Roy Suryo (kiri) dan Sekjen PSSI Djoko Driyono (kanan).
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak delapan kesebelasan akan bertanding dalam Menpora Cup yang akan diselenggarakan pada 20-28 September 2013 di Bandung dan Malang. Delapan tim tersebut adalah lima tim peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan tiga tim asing.

Tim dari ISL adalah Persib Bandung, Arema Indonesia, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan Persepam Madura. Sementara tim dari luar negeri adalah dari Australia League (A-League), yaitu Central Cost Mariners (Australia); Lolola Meralco Sparks FC (Filipina); dan tim nasional Malaysia U-23 (Malaysia).

Peserta terbagi menjadi dua grup. Grup A akan bermain di Bandung dan Grup B bermain di Malang. Setiap juara grup akan bertemu langsung di partai final pada 28 September 2013 di Stadion Kanjuruhan, Malang, dan memperebutkan trofi serta hadiah uang Rp 1 miliar.

Dalam konferensi pers di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Selasa (2/9/2013), Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan, ajang ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Ia pun berharap kompetisi ini mampu menambah pengalaman dari klub-klub sepak bola serta memberikan tayangan yang berkualitas. Kebetulan seluruh pertandingan turnamen ini akan ditayangkan langsung oleh MNC TV.

”Selain kompetisi resmi, berjalan juga sebuah kompetisi yang sifatnya hiburan dan bukan hanya ada klub lokal. Segala cara kami lakukan untuk membangkitkan gairah sepak bola di Indonesia,” ujar Roy.

Pertandingan Grup A di Bandung akan bertempat di Stadion Jalak Harupat, sementara pertandingan di Malang menggunakan Stadion Kanjuruhan. Menurut Muhammad Zein, Direktur Utama PT Gelora Garuda Indonesia yang menjadi promotor, kedua kota itu dipilih berdasarkan gairah penonton kedua kota yang dinilai sangat mendukung.

”Kedua kota juga memiliki klub yang bagus, yaitu Persib dan Arema,” kata Zein.

Mengenai pendanaan, Zein memastikan dana diperoleh dari sponsor. PSSI juga ikut mendukung dengan menyediakan perangkat dan pendukung pertandingan.

Di sisi lain, absennya klub-klub anggota Indonesia Premier League (IPL) dalam kompetisi Piala Menpora 2013 sempat menimbulkan pertanyaan. Menurut Sekjen PSSI Djoko Driyono, jadwal klub IPL tidak memungkinkan untuk turut serta.

Semen Padang sebagai pemuncak klasemen akan ikut serta kompetisi AFC pada 17-28 September. Sementara Persiba Bantul menyatakan tidak bisa mencocokkan jadwal. Padahal, tim-tim IPL sudah ditawarkan.

”Tim semua ditawarkan, bahkan ide awalnya akan mempertandingan empat terbaik ISL dan empat  terbaik IPL, tapi perkembangan menunjukkan ada yang kurang siap atau jadwalnya tidak cocok. Yang bisa ikut menurut saya bisa lebih bagus,” papar Djoko.

Penulis: Lariza Oky Adisty
Editor : Aloysius Gonsaga AE