Minggu, 26 Oktober 2014

Bola / Liga Indonesia

Timor Leste Batal, Timnas U-19 Jajaki Kamboja

Rabu, 28 Agustus 2013 | 15:40 WIB
Piala AFF U-19
JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Nasional Indonesia U-19 rencananya akan melakoni laga uji coba melawan Kamboja sebagai persiapan mengikuti Piala AFFU-19 2013 di Surabaya pada 9-22 September mendatang. Kamboja dipilih karena pertandingan melawan Timor Leste yang sebelumnya diproyeksikan menjadi lawan timnas U-19 batal.

Timnas U-19 awalnya diproyeksikan bertanding melawan Timor Leste pada 30 atau 31 Agustus mendatang. Namun, menurut informasi terakhir yang diperoleh Badan Tim Nasional (BTN), pertandingan tersebut harus batal karena Stadion di Dili tidak dapat digunakan karena ada agenda nasional.

Sekretaris BTN, Sefdin Syaefudin, mengungkapkan, meski sudah mengirimkan undangan kepada Kamboja, hingga saat ini belum ada kesepakatan antara kedua negara. Pasalnya, menurut Sefdin, Kamboja mengajukan permintaan yang tidak lazim, yaitu meminta akomodasinya ditanggung hingga digelar AFF.

"Kalau Kamboja tetap meminta untuk ditanggung akomodasinya hingga AFF, kita tidak bisa memenuhi. Terpaksa uji coba nanti akan dibatalkan," ujar Sefdin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Menurut Sefdin, BTN sudah menyiapkan alternatif lain jika laga uji coba melawan Kamboja urung dilaksanakan. Menurutnya, selain Kamboja, BTN juga menyiapkan pertandingan uji coba lain melawan tim lokal, yaitu Petrokimia Gresik U-21 dan Jember United.

Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF U-19 2013 bersama Brunei Darussalam, Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Sementara Grup A dihuni oleh Laos, Filipina, Australia, Timor Leste, Singapura, dan Kamboja. Juara dan runner-up dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke babak semifinal.

Indonesia akan terlebih dulu melawan Brunei pada 10 September, sebelum kemudian menantang Myanmar (12/9/2013), Vietnam (14/9/2013), dan Malaysia (18/9/2013). Semifinal akan digelar pada 20 September dan final pada 22 September.

Penulis: Ary Wibowo
Editor : Ary Wibowo