Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banding Ditolak, Lazio Kehilangan Penonton di Sektor Curva Nord

Kompas.com - 24/08/2013, 03:04 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Reuters
ROMA, KOMPAS.com — Sektor Curva Nord (Tribun Utara) di Stadion Olimpico Roma akan tetap ditutup untuk pertandingan pekan pertama Serie-A melawan Udinese, Minggu (25/8/2013). Pasalnya, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menolak banding klub terhadap sanksi penutupan untuk satu pertandingan.

Lazio mendapat hukuman itu setelah sejumlah pendukungnya melakukan pelecehan rasial kepada pemain-pemain Juventus pada pertandingan Piala Super Italia, Minggu (18/8/2013).

"Pengadilan Federal menolak banding Lazio terhadap penutupan Curva Nord. Hakim Olahraga Serie-A memerintahkan penutupan sektor itu setelah terdengar lagu-lagu yang ditujukan kepada para pemain berkulit hitam Juventus," kata federasi dalam pernyataan di situs resmi mereka (www.figc.it).

Ketika Lazio kalah 0-4 dari Juventus, para penggemar mendapat peringatan mengenai lagu-lagu rasial melalui pengeras suara stadion setelah terdengar pelecehan yang ditujukan kepada pencetak gol Paul Pogba, gelandang Kwadwo Asamoah, dan bek Italia, Angelo Ogbonna.

Ini merupakan kejadian terkini dari serangkaian insiden yang melibatkan pendukung Lazio, yang memiliki reputasi keterkaitan dengan politik-politik sayap kanan ekstrem. Pada musim lalu, klub dipaksa memainkan dua pertandingan kandang tanpa penonton di Liga Europa setelah para penggemar mereka melakukan pelecehan rasial terhadap para pemain Borussia Moenchengladbach.

Terdapat juga pertikaian-pertikaian sebelum pertandingan kandang melawan Tottenham Hotspur, ketika para pendukung tuan rumah melakukan pelecehan anti-Semit dan penghormatan khas fasis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com