Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Agen Pemain Paling Top

Kompas.com - 25/07/2013, 19:10 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com — Selama jendela transfer dibuka, semua klub sibuk dalam urusan jual-beli pemain. Tak dimungkiri jika manajer dan jajaran manajemen klub menjadi sosok penting dalam kebijakan transfer.

Akan tetapi, ada figur lain yang tak boleh dilupakan karena mereka ikut memainkan peranan penting, yaitu agen. Justru, para agen merupakan sosok sentral karena bisa menjadi "penentu arah" bagi pemain untuk mengambil keputusan ke mana dan di mana dia harus berlabuh.

Nah, dalam masa-masa seperti sekarang inilah para agen pemain berada dalam posisi yang sangat penting. Apalagi para agen yang menangani pemain-pemain penting, yang menjadi incaran sejumlah klub elite Eropa.

Berikut 10 agen top versi Metro.co.uk yang akan menjadi pusat perhatian selama bursa transfer musim panas ini.

1. Barry Silkman

Setelah 16 tahun sebagai pesepak bola yang menduduki posisi gelandang dan gagal masuk manajemen klub, Silkman beralih menjadi seorang agen sepak bola pada 1990-an. Ternyata dia menjadi agen top karena memiliki sejumlah klien hebat.

Pria berusia 60 tahun ini lebih dikenal sebagai seorang broker dibandingkan dengan agen. Dia kerap terlibat dalam penyelesaian transfer pada menit-menit terakhir. Pada musim panas ini, dia menjadi klien David Villa, yang akhirnya memutuskan hijrah dari Barcelona dan berlabuh di Atletico Madrid.

Klien: David Villa, Demba Ba, dan Ravel Morrison

2. Cezary Kucharski

Mantan pemain internasional Polandia ini terbilang rising star untuk jagat agen sepak bola. Kliennya yang sedang ngetop adalah striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, yang menjadi incaran Manchester United, Chelsea, dan rival Dortmund di Bundesliga, Bayern Muenchen. Namun, rencana transfer striker Polandia tersebut pada bursa transfer musim panas ini dipastikan tidak berlanjut karena Lewandowski patuh pada keinginan manajemen yang mempertahankannya.

Klien: Robert Lewandowski, Jakub Blaszczykowski, dan Dimitar Rangelov

3. Jerome Anderson

Pria ini mungkin menjadi agen sepak bola paling kontroversial di Inggris. Dia pun ditengarai akan menjadi orang yang berpengaruh dalam transfer pemain kunci dalam jendela transfer sekarang.

Namanya menjadi tersohor setelah sukses mendatangkan bintang top, seperti Thierry Henry dan Dennis Bergkamp ke Arsenal, sebelum dikritik karena mengambil kendali transfer Manchester City dan Blackburn Rovers.

Pada bursa transfer musim panas ini, kinerja Anderson akan dinantikan untuk memindahkan bintang asal Nigeria, John Obi Mikel, yang dibawanya ke Stamford Bridge tahun 2006. Rumor yang beredar, Obi Mikel sudah mencapai kesepakatan prakontrak dengan Manchester United.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com