Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih-pelatih Usia Muda Sulit Terima Metode Modern

Kompas.com - 22/07/2013, 22:46 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Pembinaan Usia Dini PSSI, Timo Scheunemann, mempertanyakan kualitas para pelatih yang khusus untuk mengembangkan pemain-pemain muda. Menurut Timo, kebanyakan pelatih di Indonesia masih menggunakan metode lama untuk program latihan para pemain.

Timo mengaku, memiliki cara-cara melatih pemain muda secara modern. Ilmu tersebut didapat Timo langsung dari Jerman, salah satu negara yang terkenal dengan pengembangan usia mudanya.

"Saya pernah mengusulkan metode latihan dari Eropa kepada pelatih-pelatih untuk level pemain muda. Beberapa setuju dengan apa yang saya tawarkan. Namun, beberapa pelatih juga memilih untuk tetap melatih dengan caranya sendiri," ungkap Timo kepada Kompas.com.

"Pemain-pemain usia muda di Indonesia sangat banyak. Bila ada salah satu di antara mereka berbakat, sayang sekali kalau tidak dilatih secara benar. Mereka ini aset sepak bola Indonesia," tandasnya.

"Tidak hanya pemain berkualitas yang dibutuhkan. Para pelatih juga harus berkualitas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com