Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mou Akan Berdayakan Potensi Pemain Muda

Kompas.com - 19/07/2013, 16:46 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

AFP/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL Striker Chelsea, Oriol Romeu Lukaku (kiri), bersama Andre Schurrle, setelah dia mencetak gol penalti ke gawang Singha dalam laga uji coba di Rajamangala National stadium, Bangkok, Rabu (17/7/2013). Chelsea menang 1-0. Schurrle, gelandang anyar Chelsea, yang masuk kategori pemain muda siap bersaing dengan para pemain lainnya untuk meraih posisi inti skema permainan pelatih Jose Mourinho.

BANGKOK, Kompas.com — Tur pramusim Chelsea FC ke Asia dengan tajuk "Here to Play Here to Stay 2013" akan dimaksimalkan pelatih Jose Mourinho untuk melihat perkembangan para pemain mudanya. "The Happy One", begitu Mou ingin disapa, memang punya misi baru di "bulan madu" keduanya bersama The Blues setelah enam musim mengembara.

"Target saya sama seperti saat datang pada 2004. Yang membedakan kali ini saya ingin meraih trofi bersama para pemain-pemain muda Chelsea. Kami akan terus melihat perkembangan mereka dan bertekad menjadikan mereka pemain bintang tiga sampai empat tahun ke depan," kata Mou.

Kebijakan memberdayakan pemain muda sudah terlihat dari keputusan Mou membawa pemainnya ke Bangkok, Thailand. Dari 24 pemain yang dibawa tujuh di antaranya diambil dari tim junior Chelsea, yakni Jamal Blackman, Sam Walker, Tomas Kalas, Nathaniel Chalobah, Josh McEachran, Lucas Piazon, dan Islam Feruz. Mereka adalah pemain junior Chelsea saat menjuarai Piala FA Junior 2012.

Jumlah pemain muda bertambah dengan masuknya rekrutan baru Marco van Ginkel dan Andre Schurrle serta Kevin De Bruyne, yang ditarik kembali peminjamannya di Werder Bremen dan striker Romelu Lukaku yang balik dari West Brom Albion.

"Marco adalah salah satu prospek terbaik di sepak bola Eropa saat ini. Kami telah mengikuti perkembangannya. Ia memiliki potensi yang besar dan pemuda yang memiliki masa depan yang hebat," kata Mou.

"Schurrle, semua sudah mengenalnya. Ia muda, tapi punya pengalaman dan jam terbang tinggi bersama Bayern Leverkusen," Mou menambahan.

Mendapatkan kepercayaan yang besar dari Mou membuat para pemain muda Chelsea bergairah. De Bruyne bertekad masuk tim utama Chelsea. Musim lalu ia tampil dalam 33 laga bersama Bremen dan mencetak 10 gol.

"Pelatih mengatakan ia percaya dan membawa saya kembali karena ia yakin kepada kemampuan saya," kata De Bruyne. "Saya harus menunjukkannya di lapangan, tetapi menyenangkan jika pelatih percaya pada Anda. Saya harus bekerja keras dan melihat apa yang terjadi di musim yang baru."

Hal senada juga diungkapkan Van Ginkel. Meski kepindahannya ke Chelsea dikritisi mantan pemain timnas Belanda Marc Overmar, Van Ginkel yakin keputusannya pindah ke London adalah sangat tepat.

"Jujur, saya pindah ke Chelsea karena faktor Mourinho. Saya yakin bisa bersaing dan akan membuktikannya di lapangan," Van Ginkel mengungkapkan.

CEO NineSport, Arif Wicaksono, selaku promotor kedatangan Chelsea menyambut baik langkah Mou memberdayakan pemain muda dalam kunjungannya ke Jakarta pada 25 Juli 2013 dan akan bertanding melawan BNI Indonesia AllStars dalam "BNI Cup" di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

"Pembinaan dan pengembangan pemain muda adalah kunci untuk meraih kesuksesan di masa depan. Semoga langkah Mou memberdayakan pemain mudanya bisa dijadikan pelajaran bagi pengelola sepak bola di Indonesia," kata Arif. (NineSport Inc)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com