Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penalti Forlan Gagal, Fred bawa Brasil Ungguli Uruguay

Kompas.com - 27/06/2013, 02:53 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

BELO HORIZONTE, KOMPAS.com — Brasil sementara unggul 1-0 atas Uruguay dalam pertandingan babak pertama semifinal Piala Konfederasi 2013 di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Rabu atau Kamis (27/6/2013) dini hari WIB. Keunggulan Brasil diperoleh atas gol Fred di menit ke-41. Sementara itu, Uruguay melewatkan peluang unggul saat Diego Forlan gagal dalam tendangan penalti.

Pada menit-menit awal, pertandingan sempat berjalan agak datar karena kedua tim tampil cenderung berhati-hati. Kedua tim bahkan terkesan sering kesulitan mengembangkan permainan.

Uruguay mendapat peluang unggul lebih dulu, setelah pada menit ke-12 David Luiz melakukan pelanggaran di kotak penalti yang membuat wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, hadiah penalti ini gagal dimanfaatkan Uruguay. Diego Forlan, yang mendapat tugas mengeksekusi, tak mampu menaklukkan kiper Julio Cesar. Bola tendangannya mampu ditepis Cesar dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Brasil kemudian mencoba bangkit. Pada menit ke-27, Fred nyaris membawa Brasil unggul melalui kerja sama satu-dua dengan Neymar. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat bola tendangannya melambung di atas gawang Muslera.

Fred akhirnya membayar kesalahannya dan membawa Brasil unggul pada menit ke-40. Awalnya, Neymar mendapat umpan jarak jauh dan langsung mengontrol bola dengan dada, kemudian menendangnya ke gawang Muslera. Meski sempat ditepis, bola memantul ke kaki Fred yang segera menendang ke arah sudut kanan gawang. Gol Fred ini yang membuat Brasil unggul 1-0 sampai babak pertama berakhir.

Susunan pemain
Uruguay: 1-Fernando Muslera, 16-Maxi Pereira, 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 22-Martin Caceres, 17-Egidio Arevalo, 20-Alvaro Gonzalez, 7-Cristian Rodriguez, 10-Diego Forlan, 21-Edinson Cavani, 9-Luis Suarez

Brasil: 12-Julio Cesar, 2-Dani Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo, 9-Fred, 10-Neymar, 11-Oscar, 17-Luiz Gustavo, 18-Paulinho, 19-Hulk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com