Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Adakan Pemusatan Latihan U-19 dan U-16

Kompas.com - 20/06/2013, 22:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Tim Nasional (BTN) akan menyiapkan pemusatan latihan tim nasional U-16 dan U-19 yang diadakan secara serentak. Pemusatan latihan untuk tim U-19 akan diadakan di Wisma Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sementara skuad U-16 akan diadakan di kompleks training centre Sawangan, Bogor, dan Pahang, Malaysia.

"Latihan untuk U-19 akan dimulai 23 Juni, sementara untuk U-16 dimulai dengan seleksi nasional dari 1-8 Juli 2013," jelas Ketua BTN La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam rilis resmi, Kamis (20/6/2013).

Jabatan pelatih tim U-16 akan diduduki oleh Sutan Harhara. Menurut La Nyalla, Sutan telah menyusun program mulai dari pra-seleksi di Bandung dan Jakarta hingga seleksi nasional di Sawangan, kemudian diboyong ke Pahang untuk pemusatan latihan.

Sutan Harhara akan didampingi tim pelatih yang juga pencari bakat yang terdiri dari Mundari Karya, Gatot Prasetyo, dan Welliansyah. Di Bandung dan Jakarta, tim ini akan mendatangi beberapa klub. Untuk Bandung, klub yang akan didatangi adalah Swasco Bandung, Uni Bandung, Saint Prima Academy, dan Ricks Sayati Kota Bandung. Sementara di Jakarta, akan dikumpulkan eam klub, yaitu Asiop, Villa2000, Kabomania, JFA, Bina Taruna, dan Rajawali Muda.

Manajemen U-16 akan mengundang pemain-pemain terbaik dari 10 Asosiasi Provinsi, yaitu NAD, Sumatera Barat, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

"BTN hari ini mengirim surat kepada 10 Asosiasi Provinsi tersebut untuk mengirimkan pemain terbaiknya untuk mengikuti seleksi nasional di Sawangan dan akomodasi dan transportasi ditanggung BTN," jelas La Nyalla.

Ia pun mengaku telah meminta Sutan untuk menjaring pemain yang memenuhi persyaratan teknis. "Jangan ada faktor-faktor non-teknis. Apalagi sampai ada praktik kotor uang dan sebagainya," tandas La Nyalla.

Adapun skuad U-19 akan berada di mes UNY pada 23 Juni nanti untuk dipersiapkan sebagai tim tuan rumah dalam ajang AFF September mendatang. Di UNY, tim manajemen U-19 akan memboyong 79 pemain untuk diseleksi dalam dua tahap, hingga menjadi 35 pemain. Seleksi tahap pertama akan dilakukan pada 24-26 Juni, sedangkan seleksi tahap kedua pada 28-30 Juni 2013.

Seleksi tahap kedua akan dilanjutkan dengan pemusatan latihan jangka panjang pada 4 Agustus mendatang dengan perkiraan skuad inti sebanyak 25 pemain sudah dibentuk. Mereka akan melanjutkan pemusatan latihan kedua di Surabaya pada 11-7 Agustus untuk kemudian diturunkan di ajang AFF U-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com