Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Terjangan Samurai, Italia ke Semifinal

Kompas.com - 20/06/2013, 06:53 WIB

RECIFE, KOMPAS.com — Jepang benar-benar tampil garang. Pada laga kedua penyisihan Piala Konfederasi 2013 Grup A di Arena Pernambuco, Recife, Rabu atau Kamis (20/6/2013) pagi hari WIB, Jepang terus menerjang Italia sejak awal, bagai kesatria samurai dalam perang. Bahkan, tim berjuluk Samurai Biru itu sempat unggul 2-0, tetapi akhirnya menyerah 3-4. Italia pun maju ke semifinal dan Jepang tersingkir.

Kemenangan Gli Azzurri ditentukan oleh gol yang diciptakan Sebastian Giovinco pada menit ke-86.

Jepang sebetulnya mengawali laga dengan cukup baik. Mereka mampu mendikte Italia dalam 15 menit pertama. Ancaman pertama datang dari tandukan keras Ryoichi Maeda pada menit keenam. Sayang, sundulan Maeda mengarah ke kiper Gianluigi Buffon sehingga bola masih mudah diamankan.

Berselang enam menit kemudian, Yasuhito Endo mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, gawang Buffon masih aman karena tembakan Endo masih melayang di atas mistar.  

Jepang terus mengendalikan permainan. Kagawa melepaskan tembakan keras, tetapi usaha pemain Manchester United tersebut masih bisa digagalkan Buffon.

Ironisnya, Buffon melakukan kesalahan fatal yang berbuah hadiah penalti bagi Jepang. Kiper Juventus tersebut dinilai melakukan pelanggaran terhadap Shinji Okazaki pada menit ke-20. Keisuke Honda yang menjadi algojo sukses menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Italia.

Tertinggal, Gli Azzurri masih kesulitan mengembangkan permainannya. Serangan yang dibangun Andrea Pirlo dan kawan-kawan terlalu mudah dipatahkan oleh Jepang.

Pelatih Italia, Cesare Prandelli, langsung melakukan perubahan dengan memasukkan Sebastian Giovinco. Masuknya pemain Juventus tersebut diharapkan bisa membuat Italia semakin agresif.

Namun, Prandelli harus kembali mendapatkan tamparan melihat gawang Buffon dijebol oleh Kagawa pada menit ke-33. Gol bermula dari kesalahan Giorgio Chiellini saat hendak membuang bola. Kagawa yang melihat bola langsung memutar badan dan melepaskan tembakan keras. Buffon hanya terdiam melihat bola meluncur ke gawangnya.

Meski begitu, Italia bisa sedikit bernapas lega setelah Daniele De Rossi mencetak gol pada menit ke-41. Pemain AS Roma tersebut berhasil melepaskan tandukan keras, memanfaatkan sepak pojok Pirlo. Skor 2-1 untuk keunggulan Jepang bertahan hingga turun minum.

Selepas turun minum, Italia menggila. Mereka mampu berbalik unggul 3-2 hanya dalam tempo tujuh menit. Gol pertama Italia dalam babak ini berkat aksi bunuh diri Atsuto Uchida. Uchida memasukkan bola ke gawangnya sendiri setelah melakukan kesalahan dalam mengantisipasi umpan Emanuele Giaccherini pada menit ke-50.

Berselang dua menit kemudian, Jepang melakukan kesalahan fatal. Wasit Diego Abal langsung menunjuk titik putih setelah Makoto Hasebe kedapatan melakukan handsball. Mario Balotelli yang tampil sebagai eksekutor dengan tenang menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Jepang. Itu merupakan gol kedua Super Mario pada ajang ini.

Meski tertinggal, Jepang masih menguasai permainan. Usaha mereka tak sia-sia. Pada menit ke-69, tandukan Shinji Okazaki, memanfaatkan umpan tendangan Endo, tak kuasa dibendung Buffon.  

Kedudukan imbang 3-3 membuat laga semakin seru. Honda dengan kemampuannya yang luar biasa berhasil melewati dua pemain lawan. Sayang, bola tembakan Honda masih bisa ditangkap dengan baik oleh Buffon.

Jelang laga usai, Jepang nyaris membobol gawang Italia. Namun, tembakan Okazaki masih membentur tiang. Bola mental dan langsung ditanduk Kagawa. Ia juga sial karena bola kembali membentur mistar.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com