Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Susul Jepang ke Piala Dunia 2014

Kompas.com - 18/06/2013, 20:32 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Australia memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2014 seusai mengalahkan Irak 1-0 pada lanjutan kualifikasi Grup B Zona Asia di ANZ Stadium, Selasa (18/6/2013). Dengan begitu, Australia menjadi tim kedua dari kawasan Asia yang telah lolos ke Piala Dunia setelah Jepang.

Bermain di hadapan lebih dari 80.000 pendukungnya sendiri, Australia terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun, sejumlah peluang yang diperoleh skuad berjuluk The Socceroos beberapa kali gagal dimaksimalkan dengan baik sehingga sering terbuang percuma.

Pada menit-menit akhir, pelatih Australia, Holger Osieck, menurunkan Joshua Kennedy yang menggantikan Tim Cahill. Perubahan itu pun berbuah manis karena Kennedy sukses menjebol gawang Irak dengan sundulan kepalanya seusai memanfaatkan umpan Mark Bresciano. Torehan itu menjadi satu-satunya gol di pertandingan ini.

Berkat raihan tiga angka ini, Australia dipastikan lolos ke Piala Dunia 2014 dengan menempati peringkat kedua klasemen Grup B dengan poin 13, tertinggal empat angka dari Jepang lebih dulu yang sudah memastikan diri ke Brasil. Sementara, Oman, Yordania dan Irak berada di peringkat tiga, empat dan lima.

Kesuksesan ini adalah kali keempat secara berturut-turut Australia lolos ke Piala Dunia karena sebelumnya tampil pada 2002, 2006 dan 2010. Australia menjadi tim ketiga yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia 2014  setelah Jepang dan tuan rumah, Brasil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com