Kamis, 17 April 2014
"Mourinho Bersalah sejak 2-3 Tahun Lalu"
Rabu, 29 Mei 2013 | 14:29 WIB
Dibaca:
|
Share:
AFP
Jose Mourinho.

MADRID, KOMPAS.com — Dalam wawancara dengan Radio Catalunya, legenda Barcelona, Johan Cruyff, bicara soal keberhasilan bekas klubnya merekrut penyerang Neymar dari Santos. Ia juga bicara soal mantan pelatih Barcelona Josep Guardiola dan pelatih Real Madrid Jose Mourinho.

Berikut ini adalah kutipan wawancaranya, seperti dilansir AS.

Apa pendapat Anda soal Neymar?
"Mari kita lihat apa yang akan terjadi. Apakah ia dibutuhkan? Anda boleh setuju atau tidak dengan keputusan Barcelona membelinya. Kita tidak bicara soal kemampuannya, tentu saja, tetapi menurut saya ia bagus. Saya tak pernah melihatnya, tetapi jika mereka bicara seperti itu tentang dirinya itu karena ia bagus. Membangun sebuah tim bukan hanya soal membeli seorang pemain. Untungnya, pada Sabtu lalu, tim-tim Jerman menunjukkan bahwa mentalitas itu masih ada, bahwa sebuah tim merupakan sesuatu yang penting dan kemudian ada orang-orang yang membentuk tim."

Apa pendapat Anda soal Tito Vilanova tetap menjadi pelatih Barca?
"Mengingat kondisi (kesehatannya), sebaiknya ia tidak terus melakukan pekerjaan ini. Saya pernah menjalani operasi jantung. Bisakah Anda memimpin Barcelona jika Anda tak berada dalam kondisi 100 persen? Saya akan mengatakan kepada Tito untuk merawat diri. Ia tak sekuat dan tak seberpengalaman pendahulunya Pep Guardiola."

Apakah Anda akan mengangkat pelatih baru ketika Tito menjalani pemulihan (pascaoperasi tumor) di New York?
"Menurut saya, saya akan mengangkat pelatih baru. Kadang kala, sejumlah keputusan perlu diambil bahkan ketika itu adalah keputusan-keputusan sulit."

Apa pendapat Anda soal keputusan Victor Valdes meninggalkan Barcelona?
"Aneh karena Valdes ingin meninggalkan klub terbaik di dunia."

Bagaimana menurut Anda soal Barcelona ketika ditangani Guardiola?
"Ia meraih kesuksesan luar biasa, seperti yang dilakukan dewan direksi. Ketika kami melakukan kesalahan, seperti merekrut Zlatan Ibrahimovic, kami menerimanya dan berusaha memperbaikinya."

Apakah Anda punya pesan untuk Presiden Real Madrid Florentino Perez?
"Sudah terbukti bahwa sekalipun Anda memiliki uang banyak, itu tak berarti Anda pasti memenangi Liga Champions. Uang itu faktor sekunder. Hal utama adalah kualitas sepak bola dan mentalitas."

Apa pendapat Anda soal pelatih Madrid Jose Mourinho?
"Dengan perilakunya, tak ada yang bisa diraih. Jika Anda memulai pertengkaran dengan pemain terbaik Anda, itu tak benar. Menurut saya, ia bertindak melampaui batas. Bukan kali ini saja ia melakukan kesalahan, tetapi sejak dua atau tiga tahun lalu. Ia sama sekali tak membantu Madrid."

Sumber :
AS
Editor : Tjatur Wiharyo