Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Pemain Terbaik Chelsea Musim Ini

Kompas.com - 17/05/2013, 06:53 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Gelandang Juan Mata terpilih sebagai pemain terbaik Chelsea musim 2012-13. Pemain asal Spanyol itu dipilih sebagai pemain terbaik oleh para pemain skuad utama dan ofisial tim karena dinilai berperan besar untuk kesuksesan The Blues sepanjang musim ini.

Gelar pemain terbaik ini adalah kali kedua buat Mata. Sebelumnya, mantan pemain Valencia itu juga sukses meraih gelar tersebut setelah sukses mempersembahkan trofi Liga Champions bagi Chelsea musim lalu.

Mata berhasil menjadi terbaik di antara tiga nominasi lainnya, yakni Frank Lampard, David Luiz, dan Eden Hazard. Berkat torehan itu, Mata menjadi pemain keempat yang sukses meraih gelar tersebut dua kali berturut-turut setelah John Hollins, Ray Wilkins, dan  Lampard.

"Aku ingin berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan timku. Aku merasa sangat bangga bermain dengan tim seperti Chelsea dengan semua pemain yang luar biasa, jadi ucapan terima kasih ini untuk mereka," ujar Mata seperti dilasir situs resmi klub.

"Kami memiliki 24 atau 25 pemain top dan salah satu dari mereka bisa menjadi pemenang penghargaan ini," tambahnya.

Terkait dengan kesuksesan Chelsea meraih trofi Liga Europa musim ini, Mata mengatakan,"Di setiap final, seperti pada Liga Champions musim lalu, kami merasa semua orang di Chelsea bersama kami. Kami melakukannya untuk mereka, mencetak gol di menit akhir dengan waktu yang terbaik dan kami sangat senang karena mereka selalu bersama kami sepanjang musim ini."

Mata berlabuh ke Stamford Bridge dari Valencia pada 2011. Sepanjang musim ini, pemain berusia 25 tahun itu sukses mengemas 25 gol dan melakukan 28 assist di semua kompetisi.

"Dia adalah pemain fenomenal. Tidak hanya untuk urusan mencetak gol, assist-nya juga sangat baik. Dia sangat fantastis karena telah memberi banyak bagi tim ini," puji bek Chelsea, John Terry, yang menyerahkan trofi pemain terbaik itu saat malam penganugerahan.

Selain Mata, Chelsea juga menjatuhkan nominasi pemain muda terbaik kepada bek berusia 19 tahun, Nathan Ake. Kemudian, Oscar mendapatkan penghargaan setelah golnya ke gawang kiper Juventus, Gianluigi Buffon, pada lanjutan penyisihan Grup E Liga Champions, 19 September 2012, terpilih sebagai gol terbaik.

Sementara itu, Lampard juga meraih penghargaan seusai mencatat rekor pencetak gol terbanyak setelah membawa Chelsea menang 2-1 atas Aston Villa, Sabtu (11/5/2013). Sepasang golnya pada pertandingan itu membuat Lampard mengoleksi total 203 gol bagi Chelsea sekaligus mengalahkan catatan 202 gol Bobby Tambling.

"Aku tidak dapat menjelaskannya. Aku pikir akan baik ketika aku berhasil melakukannya (kalahkan rekor Tambling), tetapi aku tidak menyadari bahwa itu akan terasa sangat baik. Bagi fans di Aston Villa dan rekan-rekanku yang merayakan di akhir laga, itu telah menjadi laga yang sangat emosional bagiku. Jadi terima kasih untuk seluruh pemain," kata Lampard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com