Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benfica Vs Chelsea: Penebus Kegagalan

Kompas.com - 15/05/2013, 05:54 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Benfica lapar gelar juara di Eropa. Lebih dari 51 tahun, sejak terakhir kali meraih trofi Piala Champions (sekaran Liga Champions), Benfica belum merasakan satu gelar pun di kompetisi Benua Biru. Sementara itu, Chelsea sudah gagal di banyak kompetisi musim ini.

Maka, bagi kedua tim, laga final ini bagai penebusan kegagalan. Benfica ingin menebus kegagalan selama 51 tahun, sementara The Blues ingin menebus kegagalan di beberapa kompetisi musim ini.

Tantangan menghadapi juara Liga Champions musim lalu, Chelsea, ada di depan mata. Partai final Liga Europa yang bakal dihelat di Amsterdam ArenA, Rabu atau Kamis (16/5/2013) dini hari WIB, bakal dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pasukan Jorge Jesus.

"Kami bisa membuat sejarah penting untuk klub seperti Benfica. Benfica layak menjadi juara. Kami tumbuh dalam beberapa tahun terakhir,"  jelas kapten tim, Luisao.

Hal senada juga diucapkan pelatih Jorge Jesus. Kendati menyebut Chelsea lebih favorit, Jorge Jesus ingin membalikkan semua prediksi yang beredar.

"Final adalah final. Kami ini Benfica yang dengan segala kemungkinan akan menjadi juara besok," tandas sang pelatih.

Sang lawan, Chelsea, mendapat tekanan yang lebih besar. Kesuksesan musim lalu di Eropa, seakan tak berbekas sepanjang musim ini.

Chelsea gagal menjadi yang terbaik di segala ajang sebelum final Liga Europa musim ini. Community Shield, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, Piala Liga Inggris, Piala FA, sampai Premier League gagal diraih. Harapan terakhir menebus dosa adalah Liga Europa.

Gelandang pengangkut air milik Chelsea, Ramires, tak mau kembali meratapi kegagalan. Rasa optimistis tinggi diusung Ramires untuk membawa Chelsea menjadi yang pemenang.

"Pikiranku hanya membantu klub di final. Aku akan melakukan segalanya agar Chelsea menang," tegas Ramires penuh percaya diri.

Chelsea bakal menjalani laga final tanpa diperkuat beberapa pemain. Eden Hazard dan John Terry terkapar cedera. Demba Ba tak bisa tampil karena sudah pernah membela Newcastle United di ajang yang sama musim ini.

Chelsea butuh perjuangan keras. Sebab, Benfica bisa saja menjadi klub selanjutnya yang membuat musim ini menjadi musim meringis Chelsea, saat hanya bisa merasakan aroma trofi tanpa bisa menggenggamnya.

Siaran langsung
SCTV, Kamis (16/5/2013) pada pukul 01.15 WIB

Prakiraan susunan pemain
Benfica:
Artur Moraes; Andre Gomes, Ezequiel Garay, Luisao, Lorenzo Melgarejo; Enzo Perez, Nemanja Matic; Eduardo Salvio, Lima, Nicolas Gaitan; Oscar Cardozo
Pelatih: Jorge Jesus

Chelsea: Petr Cech; Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Ashley Cole; David Luiz, Ramires; Oscar, Frank Lampard, Juan Mata; Fernando Torres
Pelatih: Rafael Benitez

Kemungkinan absen
Benfica: Maxi Pereira (skors)
Chelsea: Eden Hazard, Oriol Romeu, John Terry (cedera), John Obi Mikel, Ryan Bertrand (meragukan), Demba Ba (tak didaftarkan)

Duel kedua tim
4/4/2012 - Chelsea 2-1 Benfica (Liga Champions)
27/3/2012 - Benfica 0-1 Chelsea (Liga Champions)

Performa lima laga terakhir
Benfica: K-S-M-M-K
Chelsea: M-S-M-M-M

Prediksi
Bwin: 3,10 - 3,30 - 2,25
William Hill: 3,00 - 3,20 - 2,40
Kompas Bola: 55 - 45

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com