Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Kandidat Pengganti Ferguson?

Kompas.com - 08/05/2013, 16:35 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Sir Alex Ferguson sudah resmi mengumumkan bahwa dirinya pensiun pada akhir musim ini. Lantas, siapa calon penggantinya untuk menangani Manchester United mulai musim mendatang?

Pasar taruhan menjagokan bos Everton, David Moyes, sebagai calon suksesor Ferguson di Old Trafford. Nama Manajer Borussia Dortmund Jurgen Klopp juga masuk bursa sebagai kandidat kuat.

Moyes sudah menunjukkan kinerja yang bagus bersama Everton. Pria berusia 50 tahun ini secara konsisten membawa Everton di posisi yang bagus di Premier League. Akan tetapi, sisi lemah dari Moyes adalah, dia minim pengalaman untuk menangani tim dengan level sangat tinggi.

Bagaimana dengan Jose Mourinho? Pelatih Real Madrid ini tak bisa dikesampingkan karena mental dan kemampuannya sudah teruji dengan berbagai gelar di setiap klub yang ditanganinya.

Akan tetapi, komentarnya tentang Chelsea baru-baru ini, ditambah pernyataan Rafael Benitez, menyiratkan bahwa Mourinho akan berlabuh di Stamford Bridge pada akhir musim ini jika dia akhirnya hengkang dari Santiago Bernabeu. Dengan demikian, peluangnya ke Old Trafford akan menipis.

Nama lain yang masuk bursa calon pengganti Ferguson adalah Jurgen Klopp. Pelatih ini telah memperlihatkan kemampuannya dengan membawa Dortmund menuju final Liga Champions musim ini, dan menjadi runner-up Bundesliga. Kemampuannya menangani klub di level tertinggi sudah teruji.

Sejumlah mantan pemain MU juga digadang-gadang bakal membesut Wayne Rooney dan kawan-kawan. Ole Gunnar Solskjaer, Laurent Blanc, hingga Gary Neville dihubung-hubungkan dengan posisi manajer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com