Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI dan BFN Rumuskan Format Baru Kompetisi Futsal

Kompas.com - 28/04/2013, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Badan Futsal Nasional (BFN) telah merumuskan format baru untuk kompetisi Indonesian Futsal League (IFL) musim 2013.

Format tersebut dibentuk agar klub-klub peserta memiliki jenjang yang jelas dalam keikutsertaan mereka dalam kompetisi futsal di Indonesia.

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) yang membawahi bidang futsal, Toni Aprilani, menjelaskan, untuk musim ini PSSI dan BFN akan lebih selektif untuk mengikutsertakan klub-klub ke dalam kompetisi. Akan dibentuk jenjang yang jelas dalam kompetisi musim ini.

"Kami sedang merumuskan format baru untuk kompetisi futsal musim depan menyusul adanya kekurangan-kekurangan di musim lalu dalam beberapa divisi. Kekurangan musim lalu yang paling utama adalah di Divisi Amatir. Penyelenggaraannya cukup kacau dan banyak tim yang terlibat sehingga waktu penyelenggaraan panjang serta biayanya besar," kata Toni, Minggu (28/4/2013).

Ia mengatakan, pihaknya akan membentuk jenjang yang jelas dan rencananya akan dibagi dalam tiga strata. Strata satu adalah gerbang masuk bagi para pemain yang berpotensi untuk bisa bermain di ajang profesional, mengingat cukup banyak bibit-bibit pemain yang muncul dari tingkat universitas dan amatir.

"Strata pertama akan kami serahkan pemantauannya kepada Badan Futsal Daerah (BFD) yang akan segera dibentuk. Jadi, beban kerja PSSI dan BFN tidak terlalu berat," ujarnya.

Rencananya, perhelatan IFL 2013 akan mulai digelar pada Mei mendatang di Jakarta. Namun, klub-klub yang akan bermain di IFL 2013 masih belum jelas. PSSI dan BFN merencanakan IFL 2013 hanya diikuti 12 klub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com