Rabu, 17 September 2014

Bola / Liga Indonesia

Hari Ini, Perang Bintang Muda Pecah di Ciracas

Minggu, 28 April 2013 | 08:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 44 pemain muda akan berlaga dalam Perang Bintang Muda Liga Kompas Gramedia U-14 di Lapangan Sepak Bola Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (28/4). Hingga detik terakhir, tak satu pun yang tahu siapa yang bakal menjadi rekan satu tim. Kreativitas dan agresivitas jangan sampai mengalahkan sportivitas.

Dede Supriyadi, Wakil Direktur Kompetisi Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14, di Jakarta, Sabtu (27/4/2013), mengatakan, alasan tidak diberitahukannya masing-masing anggota tim sejak pertama adalah untuk mendorong munculnya kreativitas pemain di lapangan.

”Mereka harus siap dengan siapa pun mereka akan bermain. Ini yang akan merangsang kreativitas dan kerja sama mereka di lapangan,” tuturnya.

Sebagai persiapan, ke-44 calon bintang muda itu hanya melakukan latihan bersama satu kali pada akhir pekan lalu. Pada latihan itu, menurut Dede, semua pemain hanya diberi penekanan pada teknik kerja sama tim dan motivasi bermain.

Dede, yang juga ditunjuk sebagai pelatih tim Bintang Muda LKG U-14 musim ini, mengatakan, harapannya adalah para pemain muda yang terpilih memperlihatkan kualitas permainan dan kemampuan mereka yang telah terasah selama setengah musim kompetisi.

Senada dengan Dede, Benyamin Leo Betty, yang juga ditunjuk sebagai pelatih, mengatakan, selama 30 menit bermain, kreativitas mereka sebagai ”pemain bintang” akan dirangsang.

”Boleh agresif dan kreatif asal jangan sampai melukai lawan. Itu hal yang harus dicamkan dalam diri setiap pemain,” katanya.

Benyamin mengakui, kemungkinan para pemain bersikap agresif sangat besar. Apalagi laga nanti sekaligus sebagai seleksi tim yang akan diberangkatkan ke Festival Gothia Cup 2013 di Swedia. Hanya 18 pemain yang akan dikirim ke turnamen itu mewakili LKG U-14.

Mohammad Bakir, Ketua Komite LKG U-14, mengatakan, penilaian akan dilakukan oleh tim khusus. Mereka telah bekerja selama beberapa tahun terakhir untuk mengamati perkembangan setiap pemain.

Dia juga mengingatkan, selain laga Bintang Muda, Komite LKG U-14 juga mengundang Bambang Pamungkas, mantan kapten tim nasional Indonesia, untuk memberikan klinik kepelatihan bagi para pemain U-12.

 


Editor : Hery Prasetyo