Minggu, 23 November 2014

Bola / Internasional

Indonesia U-12 Targetkan 10 Besar di London

Minggu, 21 April 2013 | 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Indonesia U-12 yang akan diseleksi melalui program Aqua Danone Nations Cup 2013, menargetkan posisi 10 besar pada putaran final di London, Inggris, September mendatang. Rencananya, Pelatih Timo Scheunemann akan kembali membesut skuad Garuda Muda pada ajang tersebut.

Aqua DNC 2013 di Indonesia akan memasuki putaran final nasional yang nantinya diselenggarakan di Lapangan GOR Soemantri Brojonegoro pada 29 Mei hingga 3 Juni mendatang.

Dari total 15 kota yang berpartisipasi serta hanya Papua yang baru akan melaksanakan babak kualifikasi di Stadion Mandala Jayapura, pada 26 dan 27 April.

"Berkaca dari kejuaraan tahun-tahun sebelumnya, kita memang masih berada di level tengah di antara beberapa negara yang berpartisipasi. Tapi, mudah-mudahan target kita mencapai 10 besar tahun ini bisa tercapai," ujar Ketua Panitia DNC Indonesia, Muhammad Anugrah, di Stadion Bea Cukai, Jakarta, Minggu (21/4/2013).

Anugrah menambahkan, sama seperti tahun lalu, kali ini pemenangan final nasional DNC 2013 yang akan berangkat ke London, akan kembali dibesut Scheunemann.

Setelah final nasional, skuad Indonesia U-21 juga kembali diberangkatkan ke Batu, Malang untuk melakukan pemusatan latihan (training camp/TC).

"Jadi, kita akan kembali memberi kesempatan kepada Pelatih Timo untuk membawa Indonesia ke sepuluh besar di London nanti, sesuai target kita," ujar Anugrah.

Pada 2012, tim Indonesia U-12 yang diwakili SSB Muara Cunda asal Aceh menempati peringkat ke-23 dari 40 negara peserta. Posisi tersebut 10 tingkat lebih baik dibandingkan dengan turnamen yang sama pada 2011, yang berada pada posisi ke-33 dari 40 peserta.

Meski begitu, pada 2011, Indonesia yang diwakili SSB Hassanudin dari Makassar juga meraih prestasi cukup membanggakan, karena salah satu kiper "Garuda Muda", Kurnaim, didaulat sebagai runner-up penjaga gawang terbaik setelah kiper Jepang. Kurnaim hanya kebobolan empat gol sepanjang pertandingan DNC 2011 yang diselenggarakan di Madrid, Spanyol.

Indonesia U-12 juga sempat menorehkan prestasi tertinggi, saat tim DNC Indonesia 2006 sukses melaju hingga semifinal. Sementara, pada 2005, Indonesia sempat ditahbiskan sebagai "The Best Attack Team" dan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah DNC dengan 24 gol yang ditorehkan Irvin Museng.


Editor : Daniel Sasongko