Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal ke Eropa Untungkan Liverpool

Kompas.com - 13/04/2013, 03:29 WIB

Reading, Jumat - Liverpool akan memiliki posisi lebih kuat untuk mengimbangi empat peringkat teratas di Liga Inggris pada musim depan jika klub kebanggaan kota Liverpool itu gagal mengikuti kompetisi di Eropa.

Keyakinan itu disampaikan Manajer Liverpool Brendan Rodgers menjelang lanjutan laga Liga Inggris melawan Reading, yang menempati posisi terbawah klasemen, hari Sabtu (13/4).

Dengan hanya enam laga tersisa, kekalahan dari Reading di Stadion Madejski akan menjadi pukulan serius bagi Liverpool. Poin ”The Reds” kini berselisih tujuh poin dari Arsenal, yang sementara menghuni posisi kelima klasemen liga, peringkat untuk tampil di Liga Europa.

”Sebagai sebuah klub, kami tentu ingin berada di sana (Eropa). Kami sangat menikmati sepak bola Eropa musim ini (Liga Europa) setelah absen selama setahun dan saya tahu para pendukung kami senang melakukan perjalanan untuk mendukung kami. Namun, Anda juga bisa berargumentasi bahwa satu musim terbebas dari sepak bola Eropa bisa memberi kami peluang lebih besar mengakhiri musim di liga domestik dengan posisi lebih tinggi,” katanya.

Stewart Downing sudah bisa diturunkan untuk laga melawan Reading setelah terpaksa diganti saat melawan West Ham United karena masalah di perutnya. Akan tetapi, pemain sayap Raheem Sterling belum bisa tampil karena cedera otot paha.

Reading berencana memulai pertandingan dengan ajakan mengheningkan cipta lebih dulu, mengenang 24 tahun tragedi Hillsborough dan wafatnya mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher.

Pada partai Liga Inggris lainnya, Arsenal akan menjadikan laga melawan Norwich, Sabtu, untuk mendorong posisinya naik ke peringkat keempat. Karena itu, pelatih Arsenal Arsene Wenger meminta timnya untuk memulai pertandingan dengan permainan menyerang cepat.

Arsenal belum pasti bisa menurunkan Tomas Rosicky, Theo Walcott, dan Jack Wilshere yang cedera. Juga Abou Diaby, yang juga karena cederanya tidak bisa bermain hingga musim depan.

Norwich yang berada di posisi keenam dari bawah tak bisa memainkan Andrew Surman dan John Ruddy. Sementara Anthony Pilkington dan Mark Bunn sudah bisa dimainkan. Norwich hanya kalah dua kali dari enam kunjungan ke Arsenal sehingga pelatih Chris Hughton cukup optimistis timnya bisa mengimbangi Arsenal. (AP/AFP/Reuters/OKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com