Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasialisme Sepak Bola Seperti Malaria

Kompas.com - 25/03/2013, 06:49 WIB

TURIN, KOMPAS.com - Kiper Juventus, Gianlugi Buffon, menilai masalah diskriminasi rasial dalam sepak bola harus segera diselesaikan. Menurutnya, rasial dalam sepak bola seperti penyakit Malaria yang dapat menyebar luas jika tidak segera dibenahi.

Penilaian itu diungkapkan Buffon menanggapi pernyataan penyerang AC Milan, Kevin Prince Boateng pada peringatan Hari Internasional untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial yang diselenggarakan Komisi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Kamis (21/3/2013).

Boateng adalah sosok sentral saat memimpin rekan-rekannya menghentikan pertandingan uji coba klubnya saat melawan klub amatir, Pro Patria, Januari lalu. Pemain Ghana itu menyepak bola sesaat setelah mendengar teriakan berbau rasial dari pendukung Pro Patria.

"Boateng benar, rasialisme dalam sepak bola seperti Malaria dan harus dibasmi. Ini adalah isu yang sensitif. Sangat tepat untuk menstigmatisasi insiden tertentu dan di sana ada beberapa kasus yang benar-benar serius," ujar Buffon seperti dilansir Football Italia.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sendiri menyatakan akan bekerja sama dengan PBB untuk memberantas persoalan rasialisme dari sepak bola. Kepala Tanggung Jawab Sosial Korporat (CSR) FIFA, Federico Addiechi, menegaskan FIFA akan terus berusaha memerangi masalah tersebut yang hingga kini masih terjadi.

"Meski banyak kemenangan yang kami capai di dunia sepak bola saat melawan diskriminasi dan prasangka, kami paham masih memiliki problem tersebut hingga hari ini dan kami tahu lebih banyak yang harus diubah," kata Addiechi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com