Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Soal Kedisiplinan, Maradona Saja Bisa Saya Coret"

Kompas.com - 11/03/2013, 21:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Manuel Luis Blanco, kembali menegaskan akan mengutamakan kedisiplinan terhadap anak asuhnya. Hal tersebut diungkapkannya kembali, menanggapi pencoretan Oktovianus Maniani dari skuad timnas Indonesia karena dianggap melakukan tindakan indispliner.

Masuk ke dalam daftar nama pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional PSSI, Okto harus rela namanya dicoret Blanco dari skuad Garuda setelah dinilai berlaku tak disiplin dalam latihan, Sabtu (9/3/2013). Menurut Blanco, mantan pemain Persiram Raja Ampat itu disebut sering meninggalkan latihan timnas tanpa memberi tahu tim pelatih.

"Setiap pemain harus disiplin dan memunyai respek kepada timnas. Tidak bisa semaunya. Siapa yang tidak disiplin harus keluar. Saya tidak mau ambil pusing, baik itu pemain yang memiliki nama besar atau tidak," ujar Blanco di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (11/3/2013).

"Bahkan, kalau (Diego Armando) Maradona bermain di timnas Indonesia dan melakukan tindakan indisipliner, saya akan melakukan hal seperti itu (mencoretnya)," tambah pelatih berpaspor Argentina tersebut.

Blanco mengaku, saat ini dia tidak memiliki masalah terkait pencoretan tersebut. Ia berharap Okto dapat mengubah perilakunya dan para pemain lainnya bisa menjalani latihan dengan menjunjung tinggi kedisiplinan.

"Dalam kehidupan memang ada kesempatan. Tetapi, untuk saat ini, tidak dengan hal itu (pemanggilan kembali Okto) karena aturannya sudah jelas, untuk masalah indispliner," tegas Blanco saat ditanya kemungkinannya kembali memanggil Okto.

Okto sendiri sebelumnya mengakui kesalahannya adalah hanya tidak berkomunikasi dengan tim pelatih, saat mangkir dari latihan Sabtu pagi karena sakit perut. "Aku tidak masalah. Namun, ini tidak etis karena aku dikeluarkan oleh asisten pelatih. Seharusnya, Pelatih Kepala Luis Manuel Blanco yang menyampaikan hal itu," kata Okto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com