Sabtu, 19 April 2014
Preview Liga BBVA
Madrid Vs Barcelona: El Clasico "Diganggu" Setan Merah
Penulis: Okky Herman Dilaga | Sabtu, 02 Maret 2013 | 10:51 WIB
Dibaca:
|
Share:
AFP
Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

MADRID, KOMPAS.com — Apa yang akan terpintas dalam diri setiap pendukung Real Madrid dan Barcelona saat mendengar laga El Clasico? Gengsi!

Kedua tim akan bertemu untuk kedua kalinya dalam lima hari terakhir. Sebelumnya, Madrid sukses melangkah ke final Copa del Rey setelah melibas Barcelona 3-1 di Camp Nou dan membuat agregat total menjadi 4-2.

Kini, Madrid akan gantian menjamu Azulgrana di Santiago Bernabeu pada laga yang akan disiarkan Trans TV pada Sabtu (2/3/2013) pukul 22.00 WIB itu. Akan tetapi, perhelatan panas ini membawa nama kompetisi Liga BBVA.

Sang pemuncak klasemen, Barcelona, kini unggul jauh dengan 16 poin dari Los Merengues yang berada di posisi ketiga. Yakinkah Madrid mampu mengejar sang rival dengan sisa laga Liga BBVA musim ini hanya tinggal 13 pertandingan?

Jika bermain dengan disiplin tinggi dan mengandalkan serangan balik cepat dari barisan pemain inti seperti ketika di Camp Nou, peluang Madrid menaklukkan Barcelona cukup terbuka lebar. Jika Madrid meraih kemenangan, selisih kedua tim hanya terpangkas tiga poin. Artinya, masih ada jarak 13 poin bagi Madrid untuk mengejar Barcelona.

Tanpa mengecilkan kualitas tim lain, Barcelona tentu takkan kesulitan mengarungi sisa laga Liga BBVA setelah bertandang ke markas Los Blancos. Prediksi Madrid bakal menampilkan pemain pelapis merebak ke permukaan.

Pelatih Jose Mourinho tentu akan berpikir untung rugi meladeni Barcelona dengan serius atau melepas laga ini demi laga yang lebih penting, yakni Liga Champions. Madrid harus bertandang ke markas Manchester United pada pertengahan pekan nanti.

Kapten tim, Iker Casillas, malah lebih mewaspadai laga kontra MU. Namun, ia tetap melihat pertandingan El Clasico mendatang juga penting sebagai batu loncatan jelang perjalanan ke Manchester.

"Kami perlu membawa kemenangan ke Manchester. MU mengerti bagaimana bermain sepak bola. Old Trafford tempat yang sulit dan kami butuh membawa bagaimana permainan kami hari ini menuju Old Trafford," tandas Casillas.

Sementara Barcelona lebih tenang menghadapi El Clasico. Jadwal terdekat Lionel Messi dkk setelah laga melawan Madrid adalah delapan hari mendatang saat bertemu Deportivo La Coruna.

Dengan begitu, kualitas Mourinho meramu tim akan dibuktikan menghadapi dua laga berat ini. Jadi, pilih gengsi El Clasico atau fokus penuh untuk Setan Merah, Mou?

Prakiraan Susunan Pemain
Madrid (4-2-3-1):
Lopez; Essien, Albiol, Carvalho, Marcelo; Modric, Pepe; Callejon, Kaka, Ronaldo; Benzema
Pelatih: Mourinho

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Puyol, Pique, Alba; Fabregas, Busquets, Iniesta; Villa, Messi, Alexis
Pelatih: Roura (asisten)

Kemungkinan Absen
Madrid: Casillas (cedera), Di Maria (skors)
Barcelona: -

Lima Pertemuan Terakhir
26/2/2013 - Barcelona 1-3 Madrid (Copa del Rey)
30/1/2013 - Madrid 1-1 Barcelona (Copa del Rey)
7/10/2012 - Barcelona 2-2 Madrid (Liga BBVA)
29/8/2012 - Madrid 2-1 Barcelona (Piala Super Spanyol)
23/8/2012 - Barcelona 3-2 Madrid (Piala Super Spanyol)

Performa Lima Laga Terakhir
Madrid: M-M-M-S-M
Barcelona: K-M-K-M-M

Prediksi
Bwin: 2,70 - 3,60 - 2,35
William Hill: 3,00 - 3,20 - 2,40
Kompas Bola: 48 - 52

 

Editor : Hery Prasetyo