Jumat, 31 Oktober 2014

Bola / Liga Indonesia

Pilih Orang Argentina, PSSI Pecat Nilmaizar

Rabu, 27 Februari 2013 | 20:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi memecat Nilmaizar dari jabatan Pelatih Tim Nasional senior Indonesia setelah menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di kantor PSSI, Rabu (27/2/2013). Posisi Nilmaizar kini digantikan pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco.

Rapat Exco itu sendiri hanya diikuti enam dari total 11 anggota Exco PSSI, di antaranya Djohar Arifin Husin, Mawardi Nurdin, La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Roberto Rouw, dan Tony Aprilani. Sementara lima anggota lainnya, yakni Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Farid Rahman, dan Widodo Santoso, tidak hadir.

Selain Nilmaizar, PSSI juga telah memecat Halim Mahfudz dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI. Posisi pendiri perusahaan konsultasi manajemen Halma Strategic itu digantikan Hadiyandra, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Sekjen Bidang Organisasi.

"Posisi Nilmaizar akan digantikan oleh Blanco. Mengenai gaji-gajinya yang dikabarkan sempat tertunggak, kami akan segera menyelesaikan," ujar Hadiyandra.

Hadiyandra menuturkan, dalam rapat itu Exco menyetujui terbentuknya Badan Tim Nasional (BTN) yang akan diketuai politisi Partai Demokrat, Isran Noor, dan Presiden Persisam Samarinda, Harbiansyah. Pembentukan itu sendiri, kata dia, sesuai dengan statuta dan Peraturan Organisasi (PO) Nomor 7 Tahun 2010.

"Surat keputusannya akan disiapkan hari ini untuk ketua dan wakil ketua. Harapannya, Selasa depan timnas sudah terbentuk dan berisi pemain yang bermain dari dua liga, Indonesia Super League (ISL) dan Indonesian Premier League (IPL)," kata Hadiyandra.

"Tempat pemusatan latihan nasional diserahkan kepada BTN. Pemanggilan pemain dilakukan oleh PSSI, tetapi rekomendasi akan dilakukan oleh BTN," tukasnya.


Editor : Tjatur Wiharyo
Sumber: