Minggu, 26 Oktober 2014

Bola / Internasional

"Barcelona" 3, Uruguay 1

Kamis, 7 Februari 2013 | 02:55 WIB

DOHA, KOMPAS.com — Spanyol berhasil menang 3-1 atas Uruguay pada pertandingan persahabatan di Stadion Khalifa International, Qatar, Rabu (6/2/2013). Pedro memborong dua gol, sementara torehan pembuka La Furia Roja dikreasi pemain Barcelona lainnya, Cesc Fabregas. Uruguay memperkecil kekalahan melalui Cristian Rodríguez.

Kedua tim bermain dengan tempo cepat sejak menit-menit awal pertandingan. Spanyol memperoleh peluang pertama melalui Sergio Busquets pada menit kesembilan. Namun, bola tendangan keras gelandang Barcelona itu masih dapat ditepis kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Usaha Spanyol baru membuahkan hasil pada menit ke-16. Berawal dari kerja samanya dengan Juan Mata, Fabregas melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola sebenarnya dapat dijangkau dengan mudah oleh Muslera. Sayang, tepisannya tidak sempurna sehingga bola tersebut malah masuk ke gawangnya sendiri.

Pada menit ke-29, Spanyol kembali berhasil menceploskan bola ke gawang Muslera melalui bek Charles Puyol. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis lebih dulu melihat Puyol berada di posisi offside.

Uruguay yang lebih banyak mengandalkan serangan balik di babak ini mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 tiga menit berselang. Berawal dari umpan terobosan matang Martín Caceres, dengan tenang Rodriguez mampu menaklukkan Victor Valdes meski ditempel ketat dua bek Spanyol.

Selepas turun minum, permainan kedua tim tidak berubah. Spanyol masih mendominasi dengan banyak melakukan umpan-umpan pendek di lapangan tengah. Sementara Uruguay tetap mengandalkan kecepatan Alvaro Gonzalez, Caceres, dan Suarez dengan serangan balik.

Spanyol berhasil kembali unggul pada menit ke-51. Menerima umpan Pique, penggawa Barcelona tersebut berhasil menaklukkan Muslera untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk La Furia Roja.

Uruguay yang berusaha menyamakan kedudukan harus kembali kebobolan pada menit ke-75. Pedro lagi-lagi menjadi mimpi buruk bagi Muslera setelah mampu mencetak gol keduanya sekaligus membuat Spanyol unggul 3-1 setelah memaksimalkan umpan Fabregas.

Pada menit-menit akhir, Uruguay terus mencoba untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, sejumlah peluang yang didapatkan Suarez dan kawan-kawan belum dapat dikonversikan menjadi gol karena Spanyol tampil cukup disiplin. Hingga wasit meniup peluit panjang skor 3-1 untuk Spanyol pun tidak berubah.

Bagi Carles Puyol, dengan tampil pada laga itu, ia menjadi orang ketujuh yang membela Spanyol sebanyak seratus kali.

Sementara bagi Vicente Del Bosque, itu adalah laga ke-68 sebagai pelatih tim nasional Spanyol. Sebelumnya, rekor itu dipegang sendirian oleh Ladislao Kubala.

Susunan Pemain
Spanyol: 12-Victor Valdes, 2-Cesar Azpilicueta, 5-Carles Puyol (3-Gerard Pique 45), 16-Sergio Busquets, 18-Jordi Alba (19-Nacho Monreal 78), 6-Andres Iniesta (22-Isco 60), 15-Sergio Ramos, 20-Santi Cazorla (4-Mario Suarez 71), 10-Cesc Fabregas, 11-Pedro (9-Alvaro Negredo 75), 13-Juan Mata (7-David Villa 45)
Pelatih: Vicente Del Bosque

Uruguay: 1-Fernando Muslera, 3-Diego Godin, 7-Cristian Rodriguez (8-Gonzalo Castro 69), 16-Maxi Pereira, 2-Diego Lugano, 14-Nicolas Lodeiro (5-Walter Gargano 77), 15-Diego Perez (17-Egidio Arevalo 65), 20-Alvaro Gonzalez (13-Matias Aguirregaray 80), 22-Martín Caceres, 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani (10-Diego Forlan 71)
Pelatih: Oscar Tabarez

Wasit: F Al Marri‎


Editor : Daniel Sasongko