Jumat, 31 Oktober 2014

Bola / Liga Italia

Pemain Keturunan Indonesia Pimpin Cagliari Permalukan Roma

Sabtu, 2 Februari 2013 | 04:37 WIB

ROMA, KOMPAS.com — AS Roma secara mengejutkan takluk 2-4 dari Cagliari dalam lanjutan Serie-A di Stadion Olimpico, Jumat atau Sabtu (2/2/2013) dini hari WIB. Dengan hasil ini, Roma tertahan di peringkat kedelapan dengan mengemas 34 poin. Adapun dengan tambahan tiga angka membuat Cagliari naik dua peringkat ke posisi ke-14 klasemen sementara Serie-A.  

Bermain di depan publiknya sendiri, Roma dikejutkan dengan gol cepat Cagliari yang diciptakan Radja Nainggolan. Saat laga berjalan tiga menit, pemain keturunan Indonesia itu berhasil menaklukkan kiper Mauro Goicoechea setelah memanfaatkan umpan terukur yang dilepaskan Marco Sau.

Roma baru bisa membalasnya melalui tendangan bebas Francesco Totti pada menit ke-35. Pemain asal Italia itu dengan cerdik menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Cagliari.

Selepas turun minum, kiper Roma, Mauro Goicoechea, melakukan gol bunuh diri yang membuat Cagliari kembali unggul. Kiper yang berusia 24 tahun tersebut tidak sempurna menangkap bola dari umpan yang dilepaskan pemain Cagliari di sisi kanan pertahanan Roma. Bola terlepas dari dekapan Goicoechea dan kemudian bergulir ke gawangnya sendiri.

Ironisnya, Serigala Roma kembali kebobolan pada menit ke-53. Goicoechea tak berdaya membendung tandukan keras Marco Sau setelah memaksimalkan umpan Victor Ibarbo.

Tertinggal 1-3, pelatih Roma Zdenek Zeman melakukan perubahan dengan memasukkan Daniele De Rossi, menggantikan Panagiotis Tachtsidis pada menit ke-59. Namun, Zeman kembali mendapatkan pukulan telak saat anak asuhnya untuk keempat kalinya kebobolan pada menit ke-71. Gol yang diciptakan Francesco Pisano ini tidak terlepas dari rapuhnya pertahanan Roma. Gol berawal dari tendangan Sau yang membentur mistar. Pisano yang dalam posisi tak terkawal dengan cepat menguasai bola dan menyarangkan si kulit bulat ke sisi kanan gawang Roma.

Tersisa kurang lebih 19 menit, Roma berupaya keras menciptakan gol balasan dari kekalahan. Francesco Totti dan kawan-kawan mampu memperkecil ketertinggalan berkat gol Marco Antonio de Mattos Filho pada injury time. Itu menjadi gol terakhir dalam laga ini dan Roma akhirnya dipaksa menyerah 2-4.

Susunan Pemain

AS Roma: 13-Mauro Goicoechea; 23-Ivan Piris, 27-Dodó, 29-Nicolás Burdisso, 77-Panagiotis Tachtsidis (De Rossi 59); 3-Marquinhos, 4-Michael Bradley, 48-Alessandro Florenzi ( Marco Antonio de Mattos Filho 60); 8-Erik Lamela, 9-Pablo Daniel Osvaldo, 10-Francesco Totti
Pelatih: Zdenek Zeman

Cagliari: 1-Michael Agazzi; 5-Daniele Conti (Casarini 81), 8-Danilo Avelar, 14-Francesco Pisano, 15-Luca Rossettini; 4-Radja Nainggolan, 13-Davide Astori, 20-Albin Ekdal; 19-Ribeiro Cardoso Thiago, 23-Segundo Ibarbo, 29-Marco Sau
Pelatih: Ivo Pulga

 

 


Editor : Kistyarini