Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Saat Neymar Buka-bukaan

Kompas.com - 28/01/2013, 18:57 WIB

SANTOS, KOMPAS.com - Penyerang Santos, Neymar da Silva, "buka-bukaan" saat diwawancarai FIFA. Neymar menceritakan mengenai segala hal, dari mulai prestasi individu dan tim, serta perasaannya menjadi seorang ayah.

Tak hanya itu, Neymar juga menjawab seputar rumor kepindahannya ke Barcelona. Berikut wawancara Neymar seperti dikutip FIFA pada Senin (28/1/2013).

Bagaimana perasaan Anda termasuk salah satu nomine Ballon d'Or untuk kedua kalinya?
"Aku sangat bangga dan senang menjadi bagian pesta besar ini, dengan seluruh pemain terbaik di dunia dan juga pemain-pemain yang aku idolai."

Dengan fakta bahwa Anda adalah satu-satunya wakil dari klub asal Amerika Latin di Ballon d'Or, apakah lebih spesial?
"Ya, terasa sangat spesial. Aku pikir aku telah melakukan pekerjaan dengan baik dan berada di jalur yang tepat. Aku sangat senang dengan pencapaian yang telah aku lakukan. Aku berharap tetap berada masuk nomine ini di kemudian hari."

Anda juga masuk ke dalam daftar nomine Puskas Award untuk kedua kalinya. Apakah mencetak gol indah merupakan salah satu target Anda setiap tahun?
"Tidak. Bukan begitu. Itu hanya bagaimana gol tercipta. Tidak seperti aku bermain hanya untuk mencetak gol luar biasa. Terima kasih aku ucapkan kepada Tuhan yang telah membuatku mencetak gol bagus. Lain dari itu, aku sudah cukup masuk daftar nomine Ballon d'Or."

Apakah Anda menikmati mencetak gol sebagaimana membuat assist?
"Aku menikmati dua-duanya. Jika tak mencetak gol, kemudian memberikan assist, aku akan senang juga. Aku katakan sejujurnya, setiap kali memberikan umpan dan temanku mencetak gol, aku memiliki perasaan yang sama ketika mencetak gol."

Mana yang lebih sulit, bermain bagus di lapangan atau membesarkan anak?
"Tergantung situasinya. Anakku hampir berusia 18 bulan dan dia mulai memberikanku banyak kesibukan. Aku harus mengatakan bahwa sedikit lebih sulit membesarkan anak."

Bagaimana Anda menggambarkan diri sendiri menjadi seorang ayah?
"Sangat senang. Aku berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikanku hadiah terindah. Aku menghabiskan banyak waktu bersamanya, di rumah dan di tempat ibuku. Aku ingin bersamanya sebanyak mungkin."

Kembali soal sepak bola, apa yang terjadi pada diri Anda sepanjang 2012?
"Menjuarai Liga Brasil dengan mengalahkan Cruzeiro (pada pertandingan itu Neymar mencetak tiga gol). Aku mendapatkan sambutan meriah dari pendukung lawan. Itu momen yang sangat spesial untukku. Aku merasa bangga."

Pengalaman Olimpiade London Anda saat kalah dari Meksiko di final?
"Itu hal yang berat karena ada saat yang menyenangkan dan menyedihkan juga. Aku belajar banyak dari hal itu. Banyak atlet menuju Olimpiade untuk memenangi medali, emas, perak, atau perunggu. Kami hanya mendapat perak. Itu tak seperti yang diharapkan, tetapi sebagai olahragawan tetap luar biasa. Menyedihkan kalah di final, namun aku bahagia mendapatkan medali."

Di Piala Konfederasi 2013, Brasil akan kembali bertemu Meksiko. Kesempatan untuk balas dendam?
"Ya, sedikit! Setelah kalah dari Meksiko, kami tak mau kalah lagi. Itulah sepak bola. Setiap final ada satu pemenang dan mereka mendapatkannya. Aku rasa mereka memang layak."

Apakah Anda banyak berutang kepada mantan pelatih Brasil, Mano Menezes?
"Menezes membawaku ke dalam tim. Dia memberikanku debut di Brasil. Aku banyak belajar darinya. Setiap pelatih memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu dan Anda belajar sedikit dari masing-masing. Itu tidak berbeda dengan Menezes, dan aku banyak belajar juga."

Bagaimana dengan kedatangan Luiz Felipe Scolari?
"Ada harapan besar. Dia pelatih yang hebat dan pribadi yang baik. Aku harap kami bisa menunjukkan permainan terbaik dan meraih seluruh kemenangan yang dijalani."

Scolari merupakan pelatih Brasil terakhir yang memenangi Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Anda ingat tentang momen itu?
"Aku sangat ingat momen tersebut. Aku masih berusia 10 tahun dan bangun pagi untuk menonton pertandingan. Aku bersorak sepanjang jalan selama sejam. Aku juga ingat seluruh gol, terutama di laga final itu."

Seberapa penting Piala Konfederasi 2013 untuk Brasil yang tidak memainkan banyak pertandingan resmi dalam beberapa tahun terakhir?
"Itu adalah turnamen yang penting. Kami akan berhadapan dengan tim-tim berkualitas. Kami juga bisa mempersiapkan diri jelang Piala Dunia 2014. Kami butuh membangun tim dengan pelatih dan pendekatan baru. Untuk kebaikan tim, kami perlu melakukannya dengan cepat."

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com