Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-23 Wakili Indonesia di ISG

Kompas.com - 10/01/2013, 22:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Timnas U-23 selain dipersiapkan untuk SEA Games 2013 di Myanmar juga akan mewakili Indonesia pada kejuaraan negara-negara Islam, yaitu Islamic Solidarity Games (ISG) ke-3 di Pekanbaru, Riau, 6-17 Juni.

"Memang benar. Sebelum turun di SEA Games Myanmar, timnas U-23 akan turun dulu di ISG," kata Manajer Timnas U-23, Edi Nurinda Susila, di Jakarta, Rabu (10/1/2013).

Menurut dia, pertandingan di ISG dinilai sangat penting bagi perkembangan anak asuh Aji Santoso karena pertandingan nanti juga dijadikan sebagai ajang uji coba sebelum turun di SEA Games 2013 akhir tahun nanti.

Ada beberapa tim yang berpeluang akan menjadi lawan Indonesia di ISG, di antaranya Mesir, Malaysia, Kuwait, atau Irak. Ini dinilai sangat menguntungkan bagi perkembangan anak asuh Aji Santoso.

Guna menghadapi dua kejuaraan besar ini, PSSI telah memanggil 58 pemain untuk menjalani seleksi dan selanjutnya akan menjalani pelatnas jangka panjang yang telah terprogram. Pemain yang diundang mengikuti seleksi, kata Edi, adalah pemain-pemain terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Para pemain diberikan kesempatan yang sama untuk masuk timnas.

"Kami tidak bilang ini pemain IPL atau ISL. Yang kami panggil adalah pemain terbaik. Untuk nama sebentar lagi akan kami rilis," kata pria yang juga menjabat Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga di Kemenpora itu.

Edi menambahkan, 58 pemain yang dipanggil selanjutnya akan dikerucutkan hingga 30 pemain saja. Jumlah ini sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh PRIMA dan semua biaya selama pelatnas akan ditanggung oleh pemerintah.

ISG di Pekanbaru Riau akan mempertandingkan 17 cabang olahraga yaitu atletik, panahan, aquatic, badminton, basket (U-23), sepak bola, senam, karate, pencak silat, sepak takraw, sport climbing, taekwondo, tenis, traditional boad race, bola voli indoor, voli pantai, angkat besi, dan wushu. (ANT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com