Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mourinho: Saat Ini, Casillas Kalah dari Adan

Kompas.com - 23/12/2012, 23:55 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid kalah 2-3 dari Malaga, pada lanjutan Liga BBVA pekan ke-17, di La Rosaleda, Sabtu (22/12/2012), yang merupakan laga terakhir mereka di tahun 2012 ini. Dengan hasil tersebut, Madrid duduk di peringkat ketiga klasemen dengan 33 poin, atau kalah 16 angka dari penguasa sementara, Barcelona.

Dalam wawancara dengan AS, pelatih Jose Mourinho bicara soal pertandingan itu, termasuk alasan memilih memainkan kiper Antonio Adan ketimbang kiper utama, Iker Casillas, dan soal selisih poin dengan Barcelona. Berikut ini adalah kutipan wawancara, yang dilansir AS pada Minggu (23/12/2012).

Soal mencadangkan Casillas:
"Itu adalah keputusan teknik yang diambil pelatih. Saya menganalisis situasi dan memilih tim. Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan, tetapi keputusan itu sepenuhnya karena alasan teknis. Adan bermain lebih baik dari Casillas saat ini. Itu pendapat saya dan saya adalah orang yang mengambil keputusan itu, setelah mendengarkan asisten-asisten saya. Soal pertandingan, kiper tak memengaruhi hasil pertandingan. "

Soal pertahanan Madrid:
"Kami memiliki masalah di mana-mana, di berbagai lini, yang salah satunya adalah pertahanan."

Soal Malaga:
"Saya tak akan melatih mereka, seperti halnya saya tak mau melatih klub-klub lain. Saya bebas memutuskan di mana saya ingin bekerja. Saya tak punya masalah dengan Klub Malaga atau Kota Malaga, tetapi ini semua adalah pilihan hidup saya. Kami bertahan terlalu dalam ketika mereka melancarkan serangan yang berujung tiga gol itu. Saya kecewa lebih dari yang lain ketika tim saya kalah pada saat mereka bisa (bermain dan meraih hasil) lebih baik. Namun, hari ini, pemain-pemain saya telah memberikan segalanya. Saya mengatakan kepada mereka untuk tidak khawatir karena mereka telah berusaha sebaik mungkin."

Soal selisih antara Madrid dan Barcelona:
"Musim lalu, kami memenangi liga dengan keunggulan sembilan angka dari runner-up. Musim ini, kami tertinggal terlalu jauh, tetapi kami harus bertanggung jawab soal kenapa kami tak sukses, termasuk soal hal-hal yang terjadi pada pertandingan-pertandingan kami dan tak ingin saya bicarakan (dua klaim penalti yang tidak diberikan wasit pada saat melawan Malaga itu). "

Soal mengundurkan diri:
"Saya tak memikirkan itu. Saya tak mengkhawatirkan posisi saya. Ini adalah sepak bola. Saya bukan anak kecil atau orang yang baru berada di sini selama dua hari. Kami tahu bahwa dalam sepak bola, orang memiliki ingatan yang pendek, yaitu bahwa hal yang penting adalah apa yang terjadi hari ini, bukan apa yang Anda lakukan kemarin dan bukan trofi yang telah Anda menangkan."

"Usaha saya akan sia-sia jika pemain tak ingin menang, tetapi mereka sungguh-sungguh menunjukkan keinginan menang. Mereka memberikan segalanya pada laga melawan Espanyol (imbang 2-2, 16/12/2012) dan pada laga hari ini, tetapi kami tak beruntung dan mendapatkan dua keputusan (klaim penalti yang tidak diberikan oleh wasit)."

"Masa libur datang pada waktu yang tidak ideal. Para pemain sedih dan merasa hampa. Mereka telah memberikan segalanya, tetapi tak mendapatkan hasil setimpal. Kami tak khawatir soal seberapa jauh kami tertinggal dari mereka. Kami mengkhawatirkan kebanggaan personal kami dan apa yang diperjuangkan Real Madrid."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com