Kamis, 24 Juli 2014

Bola / Liga Spanyol

Messi 91 Gol, Barca 9 Angka di Atas Atletico

Minggu, 23 Desember 2012 | 01:57 WIB

VALLADOLID, KOMPAS.com - Barcelona sukses meraih poin penuh saat melawan Real Valladolid di Stadion Municipal Jose Zorrilla, Sabtu atau Minggu (23/12/2012) dini hari WIB. Dengan hasil tersebut, Barcelona menguasai klasemen dengan nilai 49 atau unggul sembilan angka dari pesaing terdekat, Atletico Madrid.

Barcelona menang 3-1 melalui gol Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan Cristian Tello pada menit ke-42, ke-59, dan ke-90+4. Satu-satunya gol Valladolid dicetak pemain pengganti, Javi Guerra pada menit ke-89.

Kesempatan mencetak gol pertama didapat Lionel Messi pada menit ke-5. Aksi Alexis Sanchez dari sisi kanan penyerangan yang diteruskan umpan silang, dilanjutkan sepakan Messi yang masih menyamping tipis dari sasaran.

Barcelona kembali memiliki peluang pada menit ke-25. Lagi-lagi, sisi kiri pertahanan Valladolid menjadi incaran. Sebuah umpan silang Dani Alves membuat lini belakang Valladolid panik. Namun, umpan tersebut gagal disambar dua pemain Barcelona, Alexis Sanchez dan Jordi Alba. Kesempatan Barcelona pun menguap.

Messi yang sudah mencetak 90 gol sepanjang tahun 2012, memperoleh kesempatan menambah pundi-pundi golnya. Sodoran Alves ke tiang jauh, dimanfaatkan Messi dengan baik. Akan tetapi, kiper Dani Hernandez mampu menyelamatkan gawangnya dengan sempurna.

Pada menit ke-36, Barcelona mendapat kesempatan terbaik. Dari tendangan bebas, Messi melepaskan sepakan melengkung yang ternyata mengenai tiang gawang Valladolid. Kiper Hernandez sebenarnya hanya terpaku melihat tembakan Messi.

Kebuntuan Barcelona akhirnya terpecahkan. Tiga menit sebelum jeda, Xavi Hernandez sukses membobol gawang tuan rumah. Kerja sama Messi dan Alba, mampu diteruskan Xavi yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Valladolid. Skor 1-0 untuk Barcelona bertahan hingga jeda.

Dua menit babak kedua berlangsung, Pedro Rodriguez hampir menambah keunggulan. Umpan Alves disambut sundulan Pedro yang sayangnya masih mengenai tiang gawang. Gagal upaya Barcelona menambah keunggulan.

Messi kembali memperoleh kesempatan pada menit ke-58. Aksi Sanchez yang mengirim umpan, ternyata gagal diteruskan Messi. Padahal, Messi telah berada di posisi menguntungkan untuk mencetak gol.

Namun, semenit berselang, Messi membayar kegagalan itu. Menerima umpan tumit Xavi, Messi melakukan aksi dribel melewati barikade pertahanan Valladolid. Tiga pemain berhasil dikecoh Messi yang lantas tendangan mendatarnya mampu membobol gawang Valladolid. Itu adalah gol ke-91 Messi sepanjang 2012 ini. 

Sembilan menit jelang pertandingan berakhir, Alves menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol. Mendapatkan umpan terobosan, Alves malah membalikkan umpan tersebut ke belakang, meski dia sebenarnya tingga berhadapan dengan Hernandez. Gagal peluang Barcelona menambah keunggulan.

Satu menit jelang bubaran, Valladolid memperkecil skor melalui Javi Guerra. Memaksimalkan umpan silang dari rekannya, sepakan Javi Guerra sebenarnya bisa dimentahkan Victor Valdes. Namun, bola muntah disambar kembali Javi Guerra dan membobol gawang Barcelona.

Valladolid gagal mendapatkan gol untuk menyeimbangkan kedudukan. Malahan, Barcelona bisa mendapatkan gol ketiga dari aksi individu Tello pada menit ke-90+4. Skor 3-1 untuk kemenangan Barcelona bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membawa Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen dengan 49 poin. Sementara Valladolid berada di papan tengah dengan 22 angka.

Susunan pemain
Valladolid (4-2-3-1):
13-Dani Hernandez; 2-Antonio Rukavina, 5-Henrique Sereno, 4-Marc Valiente, 24-Mikel Balenziaga; 16-Lluis Sastre (8-Baraja 82), 22-Victor Perez; 14-Omar Ramos, 10-Oscar Gonzalez, 15-Alberto Bueno (28-Ruben Pena 65); 25-Manucho (9-Javi Guerra 75)
Pelatih: Luis Garcia

Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 16-Sergio Busquets, 11-Thiago Alcantara (8-Andres Iniesta 84); 17-Pedro Rodriguez, 10-Lionel Messi, 9-Alexis sanchez (7-David Villa 77)
Pelatih: Jordi Rouda (asisten)

Wasit: Carlos Clos


Editor : Tjatur Wiharyo